Koordinasi dan Sinergi, Ada Masalah Kompleks Dalam Pembangunan!

  • Bagikan
Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin memukul gong dalam pembukaan musrenbang RKPD Pesawaran, Selasa (26/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin memukul gong dalam pembukaan musrenbang RKPD Pesawaran, Selasa (26/3). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Koordinasi, sinergi, partisipasi dan kontribusi antarjenjang pemerintahan menjadi kunci utama keberhasilan mewujudkan sasaran pembangunan. Baik skala  nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

”Kita harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Untuk mewujudkan sasaran pembangunan nasional. Termasuk sasaran pembangunan di Lampung. Diperlukan kontribusi pemda kabupaten/kota hingga desa dan kelurahan,” tegas Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekobang Theresia Sormin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur M. Ridho Ficardo dalam Musrenbang RKPD Pesawaran di GSG setempat, Selasa (26/3).


Menurut dia, sepanjang tahun 2014 hingga 2018, sejumlah capaian diraih Pemprov Lampung. Di antaranya penurunan angka kemiskinan, dari 14,21 pada 2014 menjadi 13,01 pada 2018. Peningkatan IPM, dari angka 66,42 pada 2014 menjadi 68,25 pada 2017; pengangguran terbuka dari angka 4,06 lebih rendah dibanding angka nasional sebesar 5,34 persen.

Baca Juga:   Kunjungan Wali Kota Bengkulu, Dendi Kenalkan Smart Village Hanura

Selanjutnya pertumbuhan ekonomi selalu lima persen dan di atas rata-rata nasional dan laju inflasi dari 8,06 pada 2014 menjadi 2,73 pada 2018.

”Kita menghadapi permasalahan komplek, terutama dalam hal kemiskinan dan ketenagakerjaan serta masalah sosial lainnya seperti pekerja sektor informal, narkoba, kekerasan terhadap anak- anak dan lainnya,” ucapnya. (ozi/ais)

 




  • Bagikan