Koordinasi Soal Penggunaan BOK untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait penggunaan dana bantuan operasional kesehatan (BOK). Apakah dapat dialokasikan untuk pengadaan vaksin Covid-19.

“Kita akan koordinasi dengan pusat. Apakah dana BOK bisa dialokasikan untuk pengadaan vaksin. Kalau seandainya tidak bisa, BOK sebagai pendamping untuk kegiatan sosialisasi, pencegahan dan lainnya,” kata Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, Selasa (22/12).

Menurut dia, konsentrasi APBD 2021 masih tetap mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. Seperti jaring pengaman sosial dan lainnya.

Setiap organisasi perangkat daerah (OPD) menganggarkan untuk penanganan dampak virus Corona.

“Seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperindag, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan dinas lainnya, memberikan porsi anggaran untuk Covid-19 sesuai tupoksi masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga:   Untuk Personel Pospam, Pahami SOP dan Jaga Sikap!

Saat ini, lanjut Kesuma, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, selain tetap menyosialisasikan gerakan 3M, juga melalui program pencegahan dini rapid tes antigen.

“Kalau sekarang, masih sekitar 500 alat untuk pengecekan dini virus Corona. Lebih ketat. Bukan rapid tes biasa. Tetapi sudah menggunakan rapid tes antigen. Selain di RSUD Pesawaran, juga akan disediakan pada fasilitas kesehatan seperti puskesmas,” tegasnya. (ozi/ais)





  • Bagikan