KPH Kotaagung Intensifkan Patroli Kawasan Register 39

  • Bagikan
Kepala KPH Kotaagung Utara Didik Purwanto dan Komandan Koramil 424-2/Wonosobo Kapten Inf. Adi Hartono menunjukan kayu Sonokeling hasil pembalakan yang ditemukan di kawasan hutan lindung Register 39 Kotaagung Utara, saat ekspose Selasa (16/3). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kehutanan (Dishut) Lampung melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kotaagung Utara bakal mengintensifkan patroli di Register 39. Khususnya di daerah yang berbatasan langsung dengan Pekon Atarlebar, Kecamatan Bandarnegeri Semuong.

Hal ini menyusul ditemukannya ratusan batang kayu Sonokeling di Register 39 oleh tim gabungan Polhut dan personel Koramil 424-02/Wonosobo. Diduga kayu dengan ukuran bervariasi itu merupakan hasil pembalakan liar.


Kepala Dishut Lampung Y. Ruchyansyah mengatakan, patroli rutin akan terus dilakukan secara intensif dengan menggandeng TNI dan Polri untuk pencegahan serta penanggulangannya.

“Kami juga memberdayakan masyarakat untuk ikut membantu. Minimal memberikan info kejadian penebangan liar disekitar areal garapannya secara intensif bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk berperan dalam upaya penanggulangannya,” kata Ruchyansyah, Rabu (17/3).

Baca Juga:   Dugaan Korupsi di Pekon Kaurgading, Kejari Tunggu LHP Inspektorat

Dilanjutkan Ruchyansyah, selain patroli rutin, Dishut juga tetap  memantau melalui resort yang ada di Atarlebar. “Di resort Atarlebar ada satu personel polhut, satu penyuluh dan satu bhakti rimbawan,” ujarnya.

Sementara, hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki siapa pelaku yang melakukan penebangan kayu Sonokeling di Register 39.

Ya, masih terus kami selidiki. Terhadap barang bukti ratusan kayu Sonokeling, akan dilakukan upaya pengamanan bekerjasama dengan Kodim 0424/Tanggamus,” pungkas mantan Kepala KPH Batutegi itu.




  • Bagikan