KPID Lampung Ajak Masyarakat Bijak Memilih Tayangan


Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung Febriyanto menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan literasi media di Hotel Bukit Randu, Selasa (10/11). FOTO DOKUMEN KPID LAMPUNG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung mengajak masyarakat  bijak dan cerdas memilih tayangan dalam masa pandemi virus Corona.

Hal ini disampaikan Ketua KPID Lampung Febriyanto dalam pembukaan kegiatan literasi media di Hotel Bukit Randu, Selasa (10/11).





Kegiatan itu diikuti perwakilan Fatayat NU, Nasyiatul Aisyiah, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Selain Febriyanto, narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Ketua KPID Lampung Wirdayati, Korbid PS2P (Pengelolaan Struktur dan Sisten Penyiaran) Iqbal Rasyid serta Korbid Pengawasan Isi Siaran Sri Wahyuni.

Febriyanto mengatakan, sesuai amanat UU Nomor2/2002 tentang Penyiaran, KPI/KPID mengawasi lembaga penyiaran. Dalam hal ini radio dan televisi.

Sementara Wirdayati menyampaikan, kewenangan KPID adalah menyusun dan menetapkan peraturan P3 SPS, mengawasi pelaksanaan peraturan KPI, memberikan sanksi kepada lembaga penyiaran yang melanggar serta menjalin kerjasama dengan pemerintah dan stakeholder.

“Oleh karena itu, masyarakat wajib melaporkan ke KPID apabila menemukan pelanggaran di media. Bisa melalui SMS atau WA center dengan nomor 081279005000.

Pada bagian lain, Iqbal Rasyid menyampaikan materi tentang pengelolaan struktur dan sistem penyiaran. Antara lain tentang  perizinan di lembaga penyiaran.

Sementara Sri Wahyuni mengajak masyarakat untuk cerdas memilih dan memilah tayangan selama masa pandemi.

Tujuannya, meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan manfaat penyiaran.

“Caranya, dengan memilih acara sesuai klasifikasi siaran. Yakni untuk dewasa pada pukul 22.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Kemudian A untuk katagori anak, P untuk pra sekolah, dan SU untuk semua umur,” urai Sri Wahyuni. (rls/ais)