KPU Lampung Pastikan Tak Ada Data Pemilih Ganda

  • Bagikan
Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono

radarlampung.co.id – KPU Lampung memastikan tidak ada data pemilih ganda di Lampung. Hal ini menyusul temuan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi soal 17,5 juta data pemilih ganda.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menyatakan, potensi adanya data pemilih ganda sangat kecil sekali. “Tapi kemungkinan, apabila 17 April nanti ada warga yang sudah memiliki e-KTP tapi belum terekam di DPT mungkin ada. Karena proses penetapan dari DPS sampai DPT tidak bersamaan dengan perekaman e-KTP,” kata Nanang, Rabu (13/3).


Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih menambahkan, pihaknya memang diminta KPU RI untuk mengecek kembali data pemilih seluruh kabupaten dan kota apabila ada yang sama tanggal lahirnya.

Baca Juga:   Bravo Lima: Konsolidasi Raperda, Distribusi Berkeadilan

“Sebenarnya kalau soal data, Sudah selesai. Karena yang terkahir adalah data anomali. Yang sebenarnya juga bukan kesalahan, bukan fiktif tetapi memang dari 16 digit data e-KTP kurang satu digit. Tinggal KPU kabupaten/kota mengambil dari DP4, menurunkan apabila data anomali itu alamat, jadi apabila tidak selesai maka diturunkan ke bawah,” beber Handi.

Soal kegandaan, Handi menyebut sistem dan kerja Sistem data pemilih (Sidalih) bisa langsung mendeteksi pemilih ganda, terutama kegandaan dengan sembilan elemen mulai dari NKK, NIK, Nama, Jenis kelamin. Status, alamat, tempat lahir, tanggal lahir. 

“Kalau sembilan elemen ini sama, minimal tiga saja yang sama pasti terdetek apalagi sembilan elemen, ini yang kita sebut ganda K1 dan itu pasti langsung di delete,” tandas Handi. (rma/kyd)




  • Bagikan