KPU Lampung Usulkan Zonasi Kampanye Rapat Umum

  • Bagikan
Komisioner KPU Lampung Antoniyus Cahyalana saat ditemui dikantornya, Jumat (1/3). Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

Kemudian calon perseorangan DPD RI dalam usulannya dibagi menjadi 5 kali waktu kampamye. Mulai 24 Maret, 29 Maret, 4 April, 9 April, dan 13 April. Pembagian lainnya dibagi per lima orang per kelompoknya berdasarkan 15 kabupaten/kota yang dibagi menjadi 5 wilayah. “Sehingga dalam satu hari ke 25 calon DPD RI bisa melakukan kampanye rapat umum ditempat berbeda,” tandasnya.

Sementara seperti yang dilansir dalam detik.com, KPU RI mulai mengatur mekanisme pelaksanaan kampanye rapat umum peserta pemilu 2019. Nantinya rapat umum ini akan dilakukan per zonasi.


“Kampanye rapat umum parpol dan pasangan capres-cawapres dibagi menjadi dua zona, pembagian itu berdasarkan pulau per pulau,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Baca Juga:   Sabar, Pendaftaran Ketua Demokrat Lampung Tunggu Juknis DPP

Kampanye rapat umum ini dimulai dari tanggal 24 Maret sampai 13 April 2019. Wahyu mengatakan zona ini dibagi menjadi zona A dan B. Masing-masing zona ini berisi 17 Provinsi. “Ada 2 zona, kita namai zona A dan zona B. Masing-masing zona itu terdiri dari 17 provinsi. Zona A, mulai dari Aceh hingga Papua. Zona B mulai dari Bengkulu sampai Papua Barat,” tandasnya.

Di mana, Lampung masuk dalam zona B bersama Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kepulauan Riau. Di pulau Jawa mulai dari Jawa Tengah, Yogyakarta Jawa Timur. Dilanjutkan Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat. (rma/net/kyd)




  • Bagikan