KPU Mesuji mulai Gagas Pembentukan Desa Peduli Pemilu

  • Bagikan
Ketua KPU Mesuji Ali Yasir. Foto dokumentasi for Radar Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji mulai membentuk Desa peduli Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Mesuji, Ali Yasir menerangkan, rencana pembentukan desa peduli Pemilu berdasarkan arahan dari KPU-RI.


KPU kabupaten/kota, lanjutnya, diminta berkoordinasi bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) terkait penganggaran.

“Ya pada Jumat 20 Agustus kemarin KPU Mesuji telah mengikuti soft Launching Desa peduli pemilu dan Pemilihan, dari KPU RI yang kita ikuti secara virtual,” kata Ali pada radarlampung.co.id Minggu (22/8).

Selain itu Desa peduli Pemilu dan Pemilihan itu dibangun dengan tujuan untuk membangun kesadaran politik masyarakat. Yakni agar menjadi pemilih yang berdaulat serta mengedukasi masyarakat dalam memfilter informasi.  “Sehingga masyarakat tidak mudah termakan isu hoax terkait kepemiluan,” kata Acing. sapaan akrabnya.

Baca Juga:   Dorong Peningkatan Realisasi Vaksin Lampung, Partai Golkar Gandeng Kemenkes

Selain itu pembentukan desa penduli Pemilu adalah agar masyarakat diberikan edukasi tentang daftar pemilih berkelanjutan dan memberikan informasi yang cukup terkait persiapan Pilkada serentak di tahun 2024 mendatang.

Dijelaskannya, dari 105 desa di Bumi Bumi Ragab Begawe Caram Mesuji tidak semuanya akan dibentuk. Ada beberapa kriteria yang akan dilihat. “Di antaranya, desa dengan partisipasi pemilih rendah, berdasarkan data ada di Mesuji yang partisipasi nya rendah makanya saat ini kita masih memetekan daerah tersebut,” kata dia. (muk/wdi)




  • Bagikan