Kreativitas Mahasiswa UTI, Ciptakan Karya Dari Limbah Kertas dan Plastik


RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Teknokrat Indonesia, perguruan tinggi swasta terbaik ASEAN memamerkan karya mahasiswa dalam kreativitas limbah kertas dan plastik menjadi produk miniatur bangunan dan kerajinan di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Nasrullah Yusuf, beberapa waktu lalu.

Kegiatan dengan tema Green Technology Innovation Toward Improving Economic Productivity untuk mendukung pemerintah dalam program pencegahan perubahan iklim dan pemanasan global, menciptakan inovasi ramah lingkungan dan membuka peluang usaha.





Pesertanya adalah 99 mahasiswa dari 33 tim. Mereka berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan.

Penanggung jawab kegiatan Yusra Fernando, M.Kom. menyampaikan, kegiatan ini juga dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Dengan adanya upaya daur ulang sampah, mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan membuat karya yang bernilai. ”Dalam kegiatan ini ada lomba peduli sampah 4R dengan menerapkan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace),” kata Yusra.

Para mahasiswa membuat kerajinan dari barang-barang bekas, bahan kertas, plastik, kain, kaleng dan kayu yang sudah tidak terpakai dapat digunakan kembali (reuse).

“Menjadi barang bernilai pakai kembali, ekonomis dan bernilai karya seni. Diharapkan dengan penerapan 4R, mahasiswa dan masyarakat umum dapat ikut berpartisipasi mengurangi (reduce) sampah di lingkungan sekitar,” tambah Yusra.

Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M., menyampaikan, Universitas Teknokrat Indonesia terus berupaya berkontribusi membantu pemerintah dalam memecahkan permasalahan global seperti perubahan iklim dan pemanasan global.

Sementara peraih juara 1 dengan karya tas dari tutup aqua gelas dari program studi manajemen, juara 2 dengan karya keranjang dari gelas plastik (program studi sistem informasi), dan juara 3 dengan karya wadah pulpen dari botol bekas (program studi manajemen).

Untuk terbaik estetika katagori ogoh-ogoh dari program studi manajemen. Terbaik kreativitas dari katagori  gedung Teknokrat, mahasiswa program studi manajemen; terbaik ekonomis kategori rak skincare dari program studi akuntansi dan terbaik seni katagori lampion gelas bekas dari program studi sistem informasi.

Selanjutnya terbaik inovasi katagori lampu hias dari stik eskrim diraih peserta dari program studi manajemen dan terbaik ide gagasan katagori monster pemakan sampah dari sendok bekas (program studi  manajemen). (rls/mel/ais)