Sports  

Kungfu Lampung Target Medali Emas Ajang Fornas di Palembang


Radarlampung.co.id – Pengprov Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) Lampung menargetkan mendapat 10 medali emas di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI pada Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua AKTI Lampung, Andi Hajar kepada Radarlampung.co.id, Sabtu (29/1). Andi mengatakan pihaknya memberangkatkan setidaknya 35 atlet Kungfu. Rencananya, Lampung turun di tiga nomor sekaligus.





“Kita ikut di tiga nomor pertandingan ada jurus tradisional, wingchun dan nomor pibu atau pertarungan. Kita ikut di nomor beregu dan individu,” ujar Andi.

Andi mengatakan target itu meningkat dibanding Fornas V di Samarinda, Kalimantan Timur pada 2019 lalu di mana Kungfu menyumbangkan lima medali emas. Andi mengatakan peta kekuatan Fornas sedikit berubah, sebab ada beberapa provinsi di Sumatera yang banyak mengirimkan atletnya.

“Sekarang peserta lebih banyak. Provinsi di Sumatera banyak yang kirim, jelas peta kekuatan berbeda di Fornas sebelumnya. Apalagi kita lihat ada Riau dan Sumatera Barat yang ikut,” sambungnya.

Namun tetap saja, yang paling diantisipasi adalah dari Jawa Timur yang mendominasi Kungfu. Pihaknya saat ini terus menggenjot latihan. Dalam sepekan, para atlet kata Andi berlatih selama lima hari.

“Rencananya kita juga mengadakan uji coba melawan tim tuan rumah (Sumatera Selatan). Kita sudah coba mengkontak mereka,” tandasnya.(nca/yud)