Kunker Ketua DPD RI, Arinal Beber Potensi Lampung


Kunjungan Kerja Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti berlangsung di Rupatama Pemprov Lampung Selasa (10/12). Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti ke Pemprov Lampung diterima langsung Gubernur Arinal Djunaidi di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Kantor Gubernur Lampung, Selasa (10/12).

Dalam pertemuan ini, Gubernur Lampung memaparkan berbagai program kerjanya selama lima tahun ke depan dalam mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.





Arinal menyebut, potensi yang  dimiliki Lampung sangat tinggi namun belum dapat dikelola dengan maksimal. Misalnya dalam sektor perekonomian.

“Lampung ini merupakan basis ekonomi di sektor pertanian yang dalam arti luas berupa tanaman pangan, perkebunan, peternakan serta kelautan. Di sektor pertanian ini, Lampung memiliki peranan dalam produksi komoditas unggulan seperti padi nomor tujuh di tingkat nasional. Jagung juga nomor satu di Sumatera dan peringkat tiga nasional. Ubi kayu kita juga nomor satu nasional. Selain itu, ada nanas dan juga pisang yang dihasilkan dari petani di Lampung,” terang Arinal.

Potensi lain muncul dari ecotourism. Karena potensi satwa di Lampung mulai Badak, Harimau, Gajah, Rusa  bisa ditemukan di Lampung. Namun potensi fauna ini belum dimanfaatkan maksimal.

Selain itu, ke depannya Arinal telah menyiapkan beberapa program kerja. Mulai pengalihan jalur kereta api angkutan barang sehingga tidak lagi melalui Bandarlampung,  pembangunan kereta Bandara, kemudian pengembangan wisata di Bakauheni.

Termasuk berbagai program kerja Presiden Joko Widodo. Mulai rencana pembangunan jembatan pancang dari Pelabuhan Panjang menuju Lempasing, Pesawaran dan beberapa program lainnya.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini bisa bersinergi dan bisa menjadikan Provinsi Lampung berjaya ke depannya,” tambah Arinal.

Dalam sambutannya, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti menyambut baik beberapa hal yang disampaikan Arinal dalam sambutanya. “Yang disampaikan bapak Gubernur dengan berbagai masalah yang ada tolong dibuatkan catatan untuk kami. Karena nantinya akan saya distribusikan pada komite kami,” beber La Nyalla.

La Nyalla menyebut, Lampung sendiri menjadi salah satu Provinsi yang bakal dikunjunginya pertama usai menjabat sebagai Ketua DPD RI. Dan dia bersyukur hal ini terwujud hari ini.

Untuk itu, dirinya berkomitmen bersama empat senator asal Lampung lainnya, Ahmad Bastian, Abdul Hakim dan Bustami Zainudin, dan Jihan Nurlela akan menindaklanjuti segala persoalan di Lampung untuk memajukan Gerbang Pulau Sumatera tersebut.

“Komitmen saya bersama anggota DPD yang ada di Lampung akan untuk ikut memajukan provinsi Lampung. Saya harap apa-apa yang terjadi, mulai keluhan masyarakat, kami siap menampung dan menindaklanjuti agar permasalahan di Lampung bisa diatasi dan terwujudnya cita-cita kita memajukan Provinsi Lampung,” tandasnya. (rma/kyd)