Kuota Pupuk Subsidi Tubaba 16.709 Ton, Jika Tidak Habis Harus Dikembalikan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tahun 2021 ini, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mendapat kuota pupuk bersubsidi sebanyak 16.709 ton, yang dialokasikan untuk 9 (sembilan) kecamatan di daerah setempat. Dari belasan ribu ton pupuk tersebut, kuota terbanyak adalah pupuk jenis urea.

“Ada lima jenis pupuk subsidi yang dialokasikan oleh pemerintah untuk petani di Tubaba. Yakni jenis urea sebanyak 7.984 ton, NPK 4.956 ton, SP-36 1.981 ton, ZA 1.241 ton, dan petroganik sebanyak 547 ton,”ungkap Sutrisno, SP, Kabid PSP dan Penyuluhan Dinas Pertanian Tubaba, kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (29/3).


Menurutnya, penyaluran pupuk subsidi tersebut kepada petani dilakukan melalui kios-kios yang telah kerjasama dengan Dinas Pertanian Tubaba. Untuk mendapatkannya, lanjut Sutris, petani mengambil langsung ke kios-kios tersebut dengan menggunakan Kartu Tani.

Baca Juga:   Pemkab Tubaba Siapkan 400 Dosis Vaksin Rabies, Gratis !

“Tapi untuk kita di Tubaba lagi proses pencetakan, sehingga untuk sementara cukup menggunakan KTP saja. Namun harus dipastikan juga bahwa mereka sudah terdaftar di kelompok tani yang terdaftar di kios tersebut,”jelasnya.

Dia juga menegaskan, para distributor atau pemilik kios harus mengembalikan ke Dinas Pertanian jika pupuk subsidi yang disalurkan tersebut tidak habis.”Kami pasti tahu berapa ton pupuk yang telah disalurkan, makanya kalau memang tidak habis di tebus oleh petani maka harus dikembalikan,”tukasnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan