Kuota Tidak Terpenuhi, Sekolah Harus Tingkatkan Sosialisasi!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kurangnya sosialisasi PPDB SMA/SMK menjadi salah satu penyebab turunnya siswa yang mendaftar. Hal ini diungkapkan pengamat pendidikan M. Thoha B. Sampurna Jaya.

Menurut dia, satu hal yang mestinya diantisipasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung adalah mengkomunikasikan dengan masyarakat terkait PPDB.

“Karena dengan pandemi Covid-19 ini kan, ada semacam keraguan masyarakat. Sebab proses belajar mengajarnya daring. Sehingga mereka masih menunggu perkembangannya,” kata M. Thoha, Jumat (25/6).

Thoha juga menyarankan pembelajaran daring dan luring secara berimbang. “Bahkan saya menyarankan, saat ini sudah ada sinyal untuk tatap muka terbatas. Paling tidak, dalam satu minggu ada daring dan tatap muka. Dibagi terbatas,” tandasnya.

Baca Juga:   Polda Lampung-UTI kembali adakan gerai Vaksin Presisi di UTI

Thoha juga tidak menampik bahwa kepercayaan orang tua saat ini lebih cenderung kepada sekolah yang berbasis keagamaan seperti pondok pesantren dan lainnya.

“Memang betul. Kalau mereka (orang tua, Red) cenderung ke pondok pesantren. Itu sudah ada sejak lima tahun lalu. Sekolah nuansa agama lebih diminati. Bahkan dibatasi pendaftarnya kaŕena membludak,” sebut dia.




  • Bagikan