Kurangi Emisi Karbon, Djarum Trees For Life Hijaukan Tol Lampung

  • Bagikan

radarlampung.co.id-Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui program Djarum trees for life sudah memulai penghijauan di berbagai wilayah di Indonesia sebelum menjajaki tol trans Sumatera termasuk di Lampung.

Hingga 2022 mendatang, penanaman pohon trembesi akan dilakukan di sepanjang tol di Lampung.



Hingga saat ini, sudah sebanyak 9000 lebih pohon trembesi tertanam di sepanjang ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter). Hingga tahun depan, Djarum Trees For Life menargetkan akan ad Penanaman 15 ribu pohon hingga ke ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung dan ruas Kayuagung-Palembang.

Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan penanaman pohon ini sebelumnya telah dilakukan diberbagai wilayah di Indonesia. Pertama kali di Jalan Merak hingga Banyuwangi, sepanjang pantai jawa utara (pantura), Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang), Madura serta tol trans jawa.

“Saat ini sejalan dengan pembangunan tol trans Sumatera sebagai proyek prioritas pemerintahan, ttfa berkomitmen untuk menghijaukan ruas tol guna mendukung pencapaian target Nasionally Determined Carbon (NDC). Salah satunya dengan penanaman trembesi di wilayah padat lalu lintas utamanya, di jalan tol sangat penting sebagai langkah antisipasi untuk mereduksi karbon yang dihasilkan kendaraan,” beber FX Supanji dalam kegiatan Penanaman Trembesi Tol Trans Sumatera 2.818 KM di Rest Area KM 87B, Lampung Selatan, Rabu (8/12).

Kegiatan BLDF sendiri sejak dimulai 2010 telah berhasil menanam 150.750 pohon yang tertanam di 2.817 KM di Indonesia. Dengan harapannya, emisi karbon yang dihasilkan kendaraan yang beracun dapat terserap dan dapat membantu menyerap air. Sehingga mengurangi resiko banjir.

Ditambahkan Laksmi Dhewanthi, Direktur Jendral Pengendalian dan Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan Penanaman trembesi yang dilakukan sebagai simultan dengan pembangunan Tol trans Sumatera. Harapannya, penanaman pohon trembesi ini dapat ditanamkan disepanjang jalan tol Trans Sumatera hingga Aceh sehingga dapat menyerap emisi karbon dari kendaraan yang melintas.

“Kami mengapresiasi kegiatan penanaman trembesi yang dilakukan Djarum Foundation ini. Terlebih target NDC dalam menurunkan emisi gas rumah kaca perlu dilakukan bersama. Apalagi, hal ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo terkait sektor swasta kuga memiliki peran strategis dalam reduksi karbon, maka harus dilanjutkan dan di replikasi pihak lainnya,” tambahnya.

Penanaman bibit ini dilakukan dengan pengawasan langsung oleh pihak Djarum Foundation selama tiga tahun. Tidak hanya itu, pada 2030 mendatang, Djarum Foundation menargetkan dapat menanam sepanjang tol Sumatera hingga Aceh. (rma/wdi)






  • Bagikan