Lagi, 57 Anak PKH Lampung Lulus Seleksi SPAN-PTKIN 2021

  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi berfoto bersama Slamet Hariyanto mahasiswa PKH Asal Mesuji serta Founder Gerakan Ayo Kuliah Slamet Riyadi, S.IP., M.IP. SUMBER FOTO: SLAMET RIYADI

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berdasarkan pengumuman panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 12 April lalu, terkonfirmasi 57 anak berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Lampung dinyatakan lulus seleksi. Sebanyak 49 anak diterima di UIN Raden Intan Lampung dan delapan anak lainnya di IAIN Metro.

“Alhamdulilah kembali bertambah 57 anak PKH Lampung yang diterima kuliah, sehingga totalnya per hari ini (26/4) menjadi 123 anak. Sebelumnya, melalui jalur SNMPTN telah lebih dahulu diterima 66 anak PKH,” ujar M. Juniardi selaku Ketua Satgas Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Lampung.

Jika diakumulasi, lanjutnya, maka total 457 anak KPM PKH Lampung yang berhasil melanjutkan kuliah sejak digulirkannya GAK di tahun 2017 sampai saat ini. Potensinya terus bertambah, karena jalur SBMPTN 2021 juga sedang berproses.

Baca Juga:   Ponpes dan Madrasah Terpadu Al Firdaus Potong Hewan Kurban 7 Ekor Sapi dan 17 Ekor Kambing

Kemudian, Founder GAK Slamet Riyadi mengucapkan selamat kepada 123 anak PKH Lampung yang dinyatakan lulus. Pihaknya mendoakan, semoga Pemerintah dan PTN/PTKIN memberikan dukungan KIP Kuliah bagi anak PKH tersebut.

Slamet yang juga Koordinator Wilayah PKH Lampung ini menegaskan, jika dilakukan pembinaan faktanya banyak anak PKH Lampung mampu melanjutkan kuliah. Oleh karenanya, kata dia, perlu adanya dukungan lanjutan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait keberlangsungan pendidikan anak PKH tersebut. Salah satunya dengan memastikan dukungan beasiswa KIP Kuliah, jenis beasiswa lainnya atau keringanan UKT. Agar studinya tidak terganggu pembiayaan. Mengingat mereka berasal dari keluarga pra-sejahtera penerima bansos PKH.

Terpisah, Dewi Amelia anak PKH asal SMAN 1 Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur menyatakan bersyukur lulus di UIN Raden Intan melalui jalur SPAN-PTKIN 2021. “Saya bersyukur diterima di UIN, semoga dapat menyelesaikan kuliah dengan baik. Dan akhirnya dapat mengangkat derajat keluarga. Rencana saya akan mendaftar KIP Kuliah untuk meringankan biaya studi, serta mencari penghasilan tambahan dengan bekerja,” ujarnya. (pip/rls/sur)




  • Bagikan