Lambar Dapat Dua Alat Monitor Gempa

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Lampung Barat mendapatkan bantuan dua alat monitor gempa atau warning receiver system (WRS) dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung. Alat tersebut dipasang di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala BPBD Lambar Maidar mengatakan, WRS bisa mendeteksi gempa di atas dan di bawah lima Skala Richter (SR).

“Untuk alat monitoring pendeteksi gempa di atas lima SR sebenarnya memang sudah ada di BPBD. Hanya diganti yang baru saja. Tapi untuk pendeteksi gempa di bawah lima SR memang belum ada,” kata Maidar, Senin (6/7).

Dengan penggantian dan penambahan alat, akan sangat membantu BPBD. Terlebih Lampung Barat termasuk kabupaten yang rawan bencana gempa bumi.

Baca Juga:   Ini Akibat tak Patuh Prokes, Positif Covid-19!

“Dengan alat pendeteksi gempa ini, kita bisa mengetahui kekuatan dan di mana titik koordinat gempa. Dengan begitu, jika terjadi bencana, kita bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” sebut dia.

Pada bagian lain Maidar mengimbau masyarakat agar memanfaatkan informasi dari BPBD apabila terjadi bencana alam. Termasuk gempa bumi.

“Selain itu, kami imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan konstruksi bangunan permanen tahajn gempa,” tegasnya. (nop/ais)



  • Bagikan