Lambar Optimis Menang di Ajang IGA 2021

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID– Pemkab Lampung Barat optimis akan menjadi pemenang pada ajang Indonesian Government Award (IGA) 2021, yang akan diumumkan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada awal Desember mendatang.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Paijo, SKM, M.Kes., didampingi Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Tekhnologi, Sadikin ST., mengungkapkan, sejak awal tahapan penilaian IGA 2021, Pemkab Lambar telah melakukan berbagai upaya maksimal, khususnya melahirkan inovasi-inovasi daerah.



”Alhamdulillah, untuk hasilnya semoga bisa menjadi juara I sebagai kabupaten terinovatif di Indonesia. Untuk tahapannya sudah dilaksanakan, terakhir bapak bupati Lambar diminta mempresentasikan iovasi daerah, dan untuk pengumuman hasil akhir pada awal Desember mendatang,” ungkapnya.

Pada tahun ini, kata dia, Pemkab Lambar mendaftarkan sebanyak 269 inovasi yang berasal dari perangkat daerah, kecamatan, puskesmas dan pekon. Namun 90 persen dari jumlah inovasi tersebut merupakan inovasi dari perangkat daerah, mengingat untuk kecamatan, puskesmas dan pekon belum diwajibkan untuk mengikutsertakan inovasi.

”Sesuai dengan kategori lomba yang diadakan oleh pemerintah pusat, ada tiga macam inovasi yakni pertama inovasi terkait dengan administrasi, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang sesuai dengan perundang-undangan,” kata dia.

Untuk diketahui, Bupati Parosil Mabsus bersama dengan enam gubernur dan lima bupati lainnya mengikuti presentasi kepala daerah inovatif kategori provinsi dan kabupaten, yang merupakan tahapan pada penilaian IGA yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Kemendagri RI melalui virtual meeting, Selasa (23/11/2021).

Penilaian IGA 2021 yang berpusat di Ruang Sidang Utama Gedung Kemendagri tersebut, dihadiri Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kemendagri sekaligus Plh. Kepala Balitbang Kemendagri Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro, S.Si, M.Si, MA., Sekretaris Badan Litbang Kemendagri Dr. Kurniasih, SH, M.Si. Sementara untuk tim penilai berasal dari Kemenpan-RB, MNC TV, Bappenas, Kemenkeu, Universitas Indonesia, BRIN, Kemitraan LAN, dan Kemendagri

Dalam kesempatan itu, Parosil Mabsus mempresentasikan sebanyak 269 inovasi daerah, jumlah tersebut jauh lebih banyak dari tahun 2020 lalu yang hanya sebanyak 156 inovasi. Dengan 156 inovasi pada tahun 2020 tersebut, Lambar masuk enam besar kabupaten terinovatif IGA 2020 yang merupakan ajang bergengsi tingkat nasional tersebut. (nop/wdi)






  • Bagikan