Lampung Krakatau Festival 2021 Diharap Kembalikan Pariwisata Lampung

  • Bagikan

radarlampung.co.id-Lampung Krakatau Festival 2021 dengan tema Wisdom to Victory kembali digelar tahun ini. Gelaran tahunan ini digelar secara hybrid, melalui kanal sosial media Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung dan di gelar secara offline di Paradise Hall Novotel, Kamis (4/11) malam.

Turut hadir secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan Lampung Krakatau Festival 2021 dapat hadir dalam rangka pemulihan pariwisata dan pemulihan ekonomi kreatif akibat pandemi Covid-19 saat ini.


Apresiasi pun diberikan Sandiaga atas berhasil digelarnya acara Lampung Krakatau Festival 2021. “Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan untuk pemerintah provinsi Lampung, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dan berpartisipasi sehingga kegiatan Lampung Krakatau Festival 2021 dapat terlaksana dengan baik pandemi Covid-19 dengan harapan, acara ini dapat memberikan dampak kepada seluruh sektor tak terkecuali pariwisata dan ekonomi kreatif,” beber Sandiaga.

Dia mengatakan Kemenparekraf telah menyusun panduan pelaksanaan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan melalui CHSE termasuk dalam strategi penyelenggaraan event di masa pandemi Covid-19 melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Baca Juga:   Transfer Dana Desa ke Lampung 2022 Turun Rp114,33 Miliar, Berikut Ini Rincian per Daerah

“Lampung Krakatau Festival 2021 yang diselenggarakan secara hybrid di Kota Bandarlampung bertujuan untuk mengedukasi khalayak luas terkait dengan keberadaan gunung Krakatau dari berbagai perspektif. Serta mengangkat keunikan dan keberagaman sejarah dan seni budaya asli masyarakat Lampung sehingga menjadi ruang kreatif sekaligus media promosi dalam rangka penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berorientasi pada kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat di provinsi Lampung,” tambahnya.

Dengan adanya event seperti Lampung Krakatau Festival ini diharapkan dapat membangkitkan kembali serta memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi Lampung dan sekitarnya, sehingga kedepannya dapat meningkatkan perekonomian daerah serta membuka peluang lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Di tambahkan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia yang menyebut dalam membangkitkan kembalinya pariwisata Lampung ada beberapa kunci sukses yang harus diperhatikan. Seperti penerapan CHSE dalam setiap lokasi wisata serta penerapan protokol Kesehatan.

Baca Juga:   Pendapatan Sektor Pajak Lampung Capai 91,83%

“Selanjutnya pengembangan dan pembangunan pariwisata di provinsi Lampung. Harus terintegrasi, perlu berjalan secara inklusif berkolaborasi dan mengakomodir semua sektor usaha mikro kecil dan menengah. Selanjutnya adalah perkuat kemitraan antara pemerintah dan akun wisata dalam hal promosi untuk menciptakan Citra pariwisata dan positif di provinsi Lampung,” beber Nunik -sapaan akrab Chusnunia-

Selanjutnya yang tidak bisa di hindari ialah subsidi bidang komunikasi yaitu menggunakan digitalisasi pemasaran produk pariwisata menjadi salah satu langkah strategis pemerintah provinsi Lampung dalam upaya memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini juga mengajarkan bahwa setiap orang memiliki berbagai macam potensi besar yang bisa dikembangkan kreativitas dalam berkarya berinovasi memanfaatkan segala peluang yang ada.

“Harapannya, pelaku usaha pariwisata agar terus merevolusi cara berpikir dalam mengelola sektor pariwisata. Tentunya agar kita tidak mati langkah di tengah pandemi kuncinya kreativitas kolaborasi inovasi itu diperlukan di bidang pariwisata,” tandasnya. (rma/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan