Lampura Genjot Vaksinasi Booster

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Vaksinasi booster di wilayah Kabupaten Lampung Utara(Lampura) telah dilaksanakan.

Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampura, de. Maya Natalia Manan, mengatakan pelaksanaan vaksin booster telah mulai dilaksanakan sejak Rabu, 12 Januari 2022 lalu.



Penerapannya, kata Maya, mulai dari puskesmas – puskesmas sampai kepada instansi vertikal lainnya.

“Sudah mulai dipuskesmas-puskesmas dengan vaksin pfizer. Beberapa diantaranya juga ada instansi vertikal yang telah mulai,” kata Maya sapaan akrabnya.

Baca Juga:   Tim Yustisi Segel Dua Tempat Usaha di Jl. Yos Sudarso

Vaksinasi ini diberikan kepada mereka berusia lanjut (lansia) dan memiliki riwayat penyakit bawaan (komorbit). Sehingga dapat lebih kebal, terhadap virus yang mulai bermutasi sampai omicron itu.

“Untuk saat ini, vaksinasi lansia telah mencapai diatas 60%, sehingga memenuhi persyaratan,” tambah Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli.

Baca Juga:   Sekda Minta Usut Kejanggalan RSD Ryacudu

Sehingga, menurutnya, itu telah dapat dilakukan disana. Sebab, telah banyak (lansia) yang telah disuntik vaksin dosis lengkap.

“Makanya untuk tahap awal ini, petugas dilapangan melaksanakan pengecekan secara marathon. Untuk mengetahui pasti itu (vaksin dosis lengkap) yang telah dilakukan oleh para lansia kita,” tambahnya.

Menyoal mereka yang komorbit atau memiliki riwayat darah tinggi, gula darah, jantung dan lainnya harus melalui pemeriksaan intensif. Sehingga tak terjadi kesalahan fatal, hingga mengurangi keefektifan vaksin digunakan.

Baca Juga:   Sekda Minta Usut Kejanggalan RSD Ryacudu

“Itu sedang difokuskan saat ini, karena memang menjadi instruksi pusat. Kami berharap kepada masyarakat untuk mau disuntik, sebab, telah menjadi arahan pemerintah. Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19,” pungkasnya (ozy/yud)






  • Bagikan