Lampura, Salah Satu Kabupaten Penempatan Kader Panwaslu

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kabupaten Lampung Utara (Lampura), menjadi salah satu tempat penempaan kader pengawas pemilu diantara 100 kabupaten/kota se-Indonesia.

Hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu-RI, Rahmat Bagja bersama anggota provinsi saat singgah disekretariatan Bawaslu Lampura, jalan Tjoekoel Subroto Kelapa Tujuh, Kotabumi, Selasa, (12/10).


“Jadi kedatangan kesini dalam rangka pengukuhan sekolah kader pengawas partisipasitif (SKPP), mulai dari Lamteng, Lambar, Way Kanan dan berakhir disini. Jadi ini yang ke-100, selain itu membuka secara resmi pojok pengawas di Lampura, “kata Rahmat yang dihadiri Ketua Bawaslu Lampura, Hendri Hasyim, beserta anggota dan jajarannya.

Menurutnya, tujuan dikukuhkannya SKPP di 100 titik seluruh nusantara adalah meningkatkan pemahaman kader, khususnya pemuda tentang pengawasan pemilu yang menjadi program badan pengawas pemilu.

Baca Juga:   Bobol Sekolah, Satu dari Tiga Tersangka Ditembak

“Jadi mereka ini nantinya akan menjadi corong pemerintah untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwasanya event lima tahunan (pemilu) itu bukan event biasa. Akan tetapi luar biasa, sebab apa? Ini melalui tahapan yang tidak sebentar, dapat dimulai 2 – 3 tahun sebelum pagelaran dilangsungkan, “terangnya.

Sehingga, diharapkan dapat diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. “Untuk tahapan pemilu di Indonesia itu akan dimulai pada tahun 2023, yang pemungutannya telah fix dilaksanakan pada Mei 2024. Nah untuk tahun 2022, kita khususnya Bawaslu itu penguatan kepada SDM. Baru mengarah kepada pelaksanaan tahapannya, “jelasnya.

Terkait dengan pilkada di Indonesia, kata dia, itu juga akan dimulai dari tahun 2022 untuk mereka melaksanakannya pada 2017 untuk beberapa daerah. Dan tahun berikutnya, di 2023 akan makin banyak daerah melaksanakan pagelaran lima tahun itu.

Baca Juga:   Juniardi : Jabatan Sekretaris Kebijakan Tim Formatur

“Kalau di Lampura kan habis pada 2024, atau pilkadanya di tahun 2019. Jadi masih lama, kemungkinannya November akan dilaksanakan. Nah soal pilkades, untuk saat ini kita hanya berkoordinasi sekaligus koordinasi. Sebab, kewenangannya berbeda, tapi masih bisa untuk berkonsultasi, “ujarnya.

Disisi lain, Ketua Bawaslu Lampura, Hendri Hasyim mengapresiasi kehadiran pihak Bawaslu-RI kesana.

“Selain masukan dan saran, kita menyambut baik kedatangan rekan-rekan sekalian. Dalam hal pembinaan tentunya, bagaiman kedepan kinerja kami dapat lebih lagi. Mudah-mudahan momen ini dapat menjadi pacuan untuk berbuat lebih baik lagi, khususnya dalam mensukseskan pemilu kedepannya di Kabupaten kita cintai ini, “pungkasnya. (ozy)




  • Bagikan