Lamtim Siap Luncurkan KIA Terintergrasi

  • Bagikan
Sekretaris Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera memimpin apel mingguan di halaman kantor bupati, Senin (2/9). FOTO HUMAS PEMKAB LAMPUNG TIMUR  
Sekretaris Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera memimpin apel mingguan di halaman kantor bupati, Senin (2/9). FOTO HUMAS PEMKAB LAMPUNG TIMUR  

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan meluncurkan program pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sekretaris Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera mengatakan, program tersebut merupakan amanat UU Nomor 35/2014 tentang Perlindungan Anak dan Permendagri Nomor 2/2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

”Sesuai peraturan perundangan tersebut, pemerintah berkewajiban memberikan identitas kependudukan kepada seluruh warga negara Indonesia. Terutama yang berusia 0 tahun sampai dengan 17 tahun kurang satu hari,” kata Syahrudin Putera saat memimpin apel di halaman kantor bupati, Senin (2/9).

Dilanjutkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai instansi pelaksana, akan me-launcing KIA dalam waktu dekat. Tahap awal, pemkab menjalin kerjasama dengan pihak terkait.

Baca Juga:   Pemkab Monev 15 Puskesmas, Pastikan Penanganan Kasus Covid-19 Maksimal

“Jadi, program KIA akan terintegrasi. Sehingga ketika bayi lahir di rumah sakit, langsung diberikan KIA. Itu sebagai bentuk pelayanan prima, sehingga masyarakat merasa bahwa pemerintah itu ada dan menjalankan fungsinya,” tegas Syahrudin.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Pemkab Lamtim juga akan melakukan studi pembelajaran ke kabupaten/kota lain yang telah mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (wid/ais)




  • Bagikan