Lapas Rajabasa Usulkan 560 Napi Dapat Remisi

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1A Bandarlampung mengusulkan 560 orang narapidana untuk mendapatkan remisi khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Kantor Wilayah Lampung.

Kalapas Kelas 1A Bandarlampung Sudjonggo mengatakan, pihaknya telah mengusulkan 560 napi yang menerima remisi untuk Hari Raya Idul Fitri. Namun, dalam usulan itu pun bisa berubah.

“Usulan 560 napi semua itu bisa berubah. Apa yang membuat perubahan? Ini kan masih ada waktu menuju hari raya idul fitri. Misalnya seminggu mau menerima remisi napi ini kedapatan melanggar aturan itu bisa dicabut remisinya,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Rabu (6/6).

Baca Juga:   Update Covid-19 Lamtim, 4.156 Terkonfirmasi Positif, 2.900 Sembuh

Atau dua hari sebelum menerima remisi, kata Sudjonggo, tiba-tiba pihaknya menerima kiriman napi dari Rumah Tahanan (Rutan).

“Kami juga bisa mengusulkan napi dari rutan yang hukumannya tinggi tapi belum pernah diremisi tapi jika kelakuannya baik, tetap kami usulkan,” katanya.

Masih kata dia, jadi masih bisa berubah usulan itu dari berbagai faktor. Terlihat dari prilakunya sebelum menerima dan sesudah menerima remisi tersebut.

“Usulan remisi khusus sekitar 560 napi, itu baru usulan. Remisi yang diberikan dua bulan ada 13 napi, satu setengah bulan 15 hari sebanyak 142 napi dan satu bulan sebanyak 377 napi,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk kasus korupsi tidak mendapatkan remisi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 99 tahun 2012 dan selain itu bagi napi hukuman mati, seumur hidup dan kasus terorisme tidak dapat remisi juga. (ndi/gus)




  • Bagikan