Lapas Waykanan Suluh Virus Corona untuk Warga Binaan

  • Bagikan
Penyuluhan penyebaran virus Corona (Covid-19) kepda warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Waykanan, Kamis (19/3). FOTO DOKUMEN LAPAS IIB WAYKANAN

radarlampung.co.id – Lembaga Pemasyarakatan IIB Waykanan menggandeng Puskesmas Negeribaru, Kecamatan Blambanganumpu memberikan penyuluhan penyebaran virus Corona (Covid-19) kepada warga binaan, Kamis (19/3). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

”Jika dilihat dari beberapa literasi, Lapas berisiko, bahkan bisa jadi lebih berisiko daripada sekolah maupun tempat ibadah. Sebab di sini kita menerima banyak tamu setiap harinya dan warga binaan tinggal bersama-sama dalam waktu yang lama. Karena itu, kemungkinan penularan akan sangat mudah,” kata Kepala Lapas IIB Waykanan Syarfani.

Upaya lain adalah menyiapkan tempat cuci tangan bagi pengunjung di pintu masuk Lapas, hand sanitizer, dan alat ukur suhu. Kemudian pemeriksaan rutin terhadap warga binaan.,

Baca Juga:   Bertahap, Pemkot Bakal Sosialisasi Transaksi Online

”Saya berhrap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinu dan terjadwal, minimal satu bulan sekali. Selain sangat penting, juga besar sekali pengaruhnya bagi masyarakat dan lingkungan. Apalagi Lapas memiliki 512 narapidana serta 70 pegawai yang tinggal di kompleks sama,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Negeribaru Mufid AS menyatakan, upaya serius pencegahan dan pengendalian penyakit menular harus dilakukan Lapas Waykanan. Tujuannya mencegah penularan virus, terutama Covid-19. (sah/ais)





  • Bagikan