Lapor, Dinding Irigasi Way Tebu I Jebol !

  • Bagikan
Kolam ikan dan lahan sawah terendam lantaran dinding Irigasi Way Tebu 1 Dusun Tanjung Sari Pekon Tiuh Memon Pugung jebol. Foto dok Polsek Pugung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tingginya debit air menyebabkan dinding irigasi Way Tebu 1 di Dusun Tanjung Sari Pekon Tiuh Memon Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus jebol, Sabtu dini hari (1/5). Jebolnya dinding irigasi mengakibatkan sawah siap panen dan kolam ikan terendam.

Camat Pugung Hardasyah mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Menurutnya, sawah siap panen milik M. Ali Said (45) dan kolam ikan milik Zainudin (60) terendam.

“Dinding yang jebol kisaran 1 sampai 2 meter. Sawah siap panen seluas 1 hektar dan dua kolam mengalami kerusakan,” kata Hardasyah Minggu (2/5).

Dirinya melakukan pengecekan dinding irigasi dan mengambil sejumlah langkah. Diantaranya dengan menutup saluran induk irigasi yang berada di Pekon Banjar Agung Udik,

Baca Juga:   Bangga, Bupati Winarti Tiga Besar Lulusan Terbaik Program Pasca Sarjana IPDN

“Tetapi, walaupun sudah ditutup air tidak dapat kering 100 persen. Dan tadi pagi juga kita sudah berkordinasi dengan kepala pekon, penjaga pintu air irigasi dan Polsek Pugung untuk mengambil langkah awal dengan menggunakan karung berisikan tanah, selanjutnya kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Tanggamus dan BPBD,”ujarnya.

Kapolsek Pugung Ipda Okta Devi membenarkan adanya kejadian dinding irigasi yang jebol tersebut. Menurutnya kerugian akibat peristiwa itu masih ditaksir. Sementara, pemilik kolam diperkirakan merugi hingga Rp5 juta. “Setelah dilakukan penutupan pintu air irigasi Way Tebu 1 sekitar pukul 01.37 Wib, air sudah dapat dikendalikan,” kata Okta Devi.(ehl/ral/rnn/wdi)




  • Bagikan