Lapor! Sungai Way Ngarip Kian Dangkal dan Tanggul Terkikis

  • Bagikan
Tanggul sungai Way Ngarip, di Pekon Padangratu, Kecamatan Wonosobo kembali terkikis dan nyaris jebol. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kondisi sungai Way Ngarip di Kecamatan Wonosobo, Tanggamus memprihatinkan. Selain mengalami pendangkalan, sebagian besar tanggul sudah tergerus.

Berdasar pantauan, aliran sungai Way Ngarip yang melintasi tujuh pekon di Kecamatan Wonosobo berkelok-kelok karena pendangkalan.



Selain itu, tanggul di sisi sungai juga sudah banyak yang terkikis. Seperti aliran di Pekon Balak, Padangratu dan Padangmanis.

Terparah di Pekon Padangratu. Tanggul nyaris jebol karena ketebalan hanya tersisa sekitar satu meter. Ini terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

“Tanggul Way Ngarip ini terakhir diperbaiki, setahu saya sekitar lima tahun lalu. Waktu tanggul di Padangratu jebol. Sekarang sudah banyak yang hampir jebol dan aliran sungai berkelok-kelok. Belum pernah diperbaiki,” kata Feri, warga Wonosobo.

Senada disampaikan Arif, warga Pekon Padangratu. Menurut dia, tanggul sungai kian terkikis.

“Kami khawatir, karena pemukiman dan areal persawahan terancam. Sebab sekali saja diterjang banjir, tanggul akan jebol,” ungkapnya.

Sementara Kepala Pekon Padangratu Sumantri mengaku sudah menerima laporan warga terkait kerusakan tanggul tersebut dan akan mengusulkanya ke Pemkab Tanggamus.

“Kita sudah terima laporan dari warga soal kerusakan tanggul itu. Sudah kita survei. Selanjutnya akan segera diusulkan ke Pemkab Tanggamus,” kata Sumantri. (ehl/uji/ais)






  • Bagikan