Mesuji  

Launching Gerakan Pendidikan Kesetaraan Nonformal berbasis Desa, Begini Pesan Bupati Mesuji


RADARLAMPUNG.CO.ID – Faktor pendidikan, akan menjadi investasi penting untuk meningkatkan daya saing daerah di masa yang akan datang. Salah satu ukuran keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan yang dilakukan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah adalah Indeks Pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Mesuji Saply TH saat melaunching Gerakan Pendidikan Kesetaraan Nonformal berbasis Desa dan Launching SKB Mesuji Indah di Kabupaten Mesuji, di Gedung Perpustakaan dan arsip (Dispusar) Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya Rabu (18/5)





Menurut Saply, Indeks Pendidikan adalah komponen yang menyusun Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Tinggi rendahnya IPM suatu daerah tergantung dari komponennya.

“Jadi, Semakin tinggi nilai komponennya, maka akan semakin tinggi pula indeks IPM,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan proses gerakan pendidikan kesetaraan/nonformal Berbasis desa untuk meningkatkan IPM bidang pendidikan di Mesuji. Sekaligus penandatanganan Komitmen Bersama (Rencana Aksi Daerah) serta Launching SKB Mesuji Indah di Kabupaten Mesuji.

“Saya menilai, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi lembaga khususnya dan pemangku kepentingan lainya untuk lebih giat dan lebih baik dalam meningkatkan IPM di Kabupaten Mesuji,” Tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji, Andi S Nugraha menambahkan, Dasar Pelaksanaan Kegiatan ini adalah Proyek Perubahan percepatan Gerakan Pendidikan Kesetaraan/Non formal berbasis Desa di Kabupaten Mesuji.

Sedangkan, Tujuan Pelaksanaan Kegiatan ini untuk Meningkatkan kesadaran, motivasi dan komitmen masyarakat betapa pentingnya pendidikan untuk kemajuan suatu daerah.

Serta Mengoptimalkan layanan pendidikan kesetaraan/non formal di Kabupaten Mesuji. Jelasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsuddin
Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji Camat se-Kabupaten Mesuji dan Kepala PKBM se-Kabupaten Mesuji. (muk/yud)