Lawan Infodemi Covid-19, AJI Bandarlampung-Google News Rajut Informasi Pandemi

  • Bagikan
ILUSTRASI DOK. JPC

RADARLAMPUNG.CO.ID – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung bersama Google News Initiative akan menggelar diskusi publik bertajuk “Melawan Infodemi Covid-19.” Rencananya, diskusi yang mengangkat topik “Merajut Informasi Pandemi di Lampung” itu berlangsung secara virtual via Zoom, Kamis mendatang, (25/3), pukul 13.30-15.30 WIB.

Ketua AJI Bandarlampung Hendry Sihaloho mengatakan, tantangan baru dihadapi saat masa pandemi Covid-19. Hoax mengenai Pandemi Covid-19 terus meningkat. WHO menyebutnya sebagai infodemi, karena sama berbahayanya dengan virus penyebab Covid-19 itu sendiri. Kominfo menemukan 1.341 hoax dengan sebaran hingga 2.135 sepanjang 2020. Sejumlah platform dan media telah bekerja keras untuk menekan hoaks, meski infodemi terus merajalela di media sosial.


“Media memiliki posisi penting dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk pada masa pandemi seperti sekarang. Lewat informasi yang disajikan, media dapat membawa perubahan di masyarakat,” kata Hendry, Selasa (23/3).

Baca Juga:   Vaksinasi Partai Gerindra Disambut Antusias Oleh Warga

Kendati pandemi telah satu tahun, lanjutnya, namun masih ada kekhawatiran di masyarakat terkait Covid-19. Mestinya kekhawatiran publik soal virus corona berkurang. Kemudian, masih terjadi stigma terhadap pasien maupun keluarga yang positif Covid-19.

“Pemberitaan yang berlebihan ihwal Covid-19 dinilai turut memberi andil. Lalu, pemahaman jurnalis mengenai istilah-istilah terkait pandemi juga berkontribusi. Dampaknya, informasi yang disajikan media kepada publik menjadi bias,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Hendry, beberapa kali di Lampung beredar informasi keliru terkait Covid-19. Bahkan, polisi menangkap warga yang dituduh menyebarkan hoax.

“Hal-hal tersebut mengindikasikan bahwa informasi berkelindan dengan kehidupan manusia. Kualitas informasi bisa memengaruhi, bahkan mengubah pandangan seseorang. Media memegang peranan penting dalam pembentukan informasi tersebut,” kata dia.

Baca Juga:   Berhembus Kabar Kepala Diskes Bandarlampung Dicopot

Nantinya, AJI-Google News akan menghadirkan sejumlah pembicara. Mereka antara lain pengecek fakta, Satgas Covid-19 Lampung, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan perwakilan media. Bagi yang hendak mengikuti diskusi sila mendaftar lewat: http://bit.ly/merajutinformasipandemi. Dengan narahubung: Alfanny Pratama (+62 896-8324-3446). (rls/sur)




  • Bagikan