LCC Kebudayaan dan Permuseuman SMP/MTS se-Lampung ajang Pendidikan Karakter

  • Bagikan
Suasana LCC Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat SMP/MTs se-Provinsi Lampung Tahun 2019. Foto Tegar Mujahid/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung melalui UPTD Museum Lampung mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat SMP/MTS se-Provinsi Lampung, 23-24 Juli 2019.

Acara resmi dibuka Kepala Disdikbud Lampung, Sulpakar. Dia mengatakan, LCC Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat SMP/MTS se-Provinsi Lampung tidak semata meraih kemenangan tapi yang ingin dipetik dalam kegiatan tersebut bagaimana anak-anak dapat mengetahui dan mewarisi budaya leluhur, mengenal benda-benda cagar budaya, serta mencintai Museum Lampung.

Apapun bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh jajaran dinas pendidikan dan kebudayaan, tidak lain untuk mewujudkan pendidikan karakter seperti, bagaimana anak-anak memiliki budi pekerti yang baik, kejujuran dan akhlak baik, mampu bekerjasama dengan lingkungan, sifat terbuka dan sopan santun kepada siapapun,” kata Sulpakar, Selasa (23/7).

Selain itu, sambung Sulpakar, ada hal lainnya yang dipetik setiap kegiatan. Yakni, anak-anak menjadi berprestasi, intelektual dan terakhir melalui kegiatan perlombaan positif anak anak menjadi sehat, dan dijauhi dari kenakalan remaja dan mencegah bahaya narkoba. “Bahaya narkoba terus kita perangi,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Lampung pernah meraih lima besar atau harapan II pada lomba cerdas cermat Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat  SMP/MTS Se-Nasional tahun 2017 dan meraih Harapan I di 2016. “Ya semoga wakil Lampung nantinya bisa berprestasi di tingkat Nasional,” tandasnya.

Kepala UPTD Museum Lampung Zuraida Kherustika menjelaskan peserta lomba melibatkan 18 SMP/MTS se-Lampung.

Juara I ajan meraih Tropi Disdikbud  Lampung dan uang tunai Rp5 juta, Juara II Tropi dan uang tunai Rp3 juta dan Juara III mendapat Tropi dan dengan uang tunai Rp.1.000.000.

“Peserta Juara I LCC Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat  SMP/MTS Se-Provinsi Lampung akan mewakili Lampung tingkat Nasional di bulan Oktober mendatang,” pungkasnya. (gie/kyd)


Baca Juga:   Wali Murid Berharap Metode Pendukung Daring untuk Tingkatkan Skil Siswa


  • Bagikan