Lebaran Tahun Ini, Rutan Sediakan Layanan Video Call


RADARLAMPUNG.CO.ID – Pada Idul Fitri 1443 H tahun ini Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) kelas II B Kotaagung , Tanggamus menyediakan layanan video call bagi warga binaan yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga dirumah.

Kepala Rutan Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh menjelaskan, bahwa jajarannya telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut Idul Fitri tahun ini. “Karena kita masih dalam situasi pandemi Covid19, untuk besukan tatap muka di Rutan Kotaagung masih belum dibuka. Sebagai gantinya kami menyediakan layanan video call bagi warga binaan yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga dirumah, ” tuturnya.





Selain itu bagi keluarga warga binaan yang ingin mengirim makanan, kami juga membuka layanan penitipan makanan dan barang selama libur lebaran, kata Sobirin. Tak hanya itu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19, dalam memberikan pelayanan jajaran rutan tetap mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya penyemprotan disinfektan sehari sebelum lebaran, penyediaan sarana wastafel,  penggunaan masker wajib bagi pengunjung, petugas maupun narapidana.

Baca Juga:   Koordinasi Bahas Alokasi Gaji PPPK

Saya selaku pimpinan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H serta selamat kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi hari ini, semoga remisi ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh warga binaan agar lebih aktif berpartisipasi dalam prmbinaan kedepannya.” pungkas Sobirin.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 98 Narapidana Rutan Kelas II B Kotaagung menerima pengurangan masa pidana atau remisi pada perayaan Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada Selasa (02/05). Upacara pemberian remisi diikuti oleh perwakilan narapidana yang mendapat remisi dan dipimpin langsung Karutan Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh.

Kasubsi Pelayanan Tahanan J.M Prameswari, saat membacakan SK remisi mengatakan, dari 103 usulan, sebanyak  98 orang Narapidana kategori pidana umum mendapatkan remisi. Sementara untuk besaran, sebanyak 35 orang mendapat remisi 15 hari, 59 orang mendapat remisi 1 bulan dan 3 orang mendapatkan remisi 1 bulan 15 Hari.

Baca Juga:   DPRD Tanggamus Sampaikan Dua Raperda Inisiatif

“Dari 103 orang yang di usulkan mendapatkan remisi, 98 orang yang mendapat pengurangan masa pidana, sedangkan 1 orang seharusnya langsung bebas hari ini. Namun yang bersangkutan telah mendapat program Pembebasan Bersyarat (PB) pada 18 April yang lalu,” pungkasnya. (ehl/ang)