Lebih dari 5.000 Kendaraan Sudah Tinggalkan Lampung

  • Bagikan
Suasana rest area 215 Ruas Tol Terpeka yang telah dibuka saat ini. FOTO HK FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW mulai terasa sejak Sabtu (31/10) malam. Di mana ada pergerakan kendaraan melalui ruas tol ke arah Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Menurut informasi PT Hutama Karya selaku pengelola jalan tol trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggibesar (Bakter) ada pergerakan sebanyak 5.219 kendaraan kendaraan keluar tol Bakauheni Selatan.

Branch Manajer PT HK Cabang Bakter Hanung Hanindito mengatakan, ada peningkatan volume lalu lintas sebesar 42%. “Iya sejak Sabtu (31/10) malam ada peningkatan volume lalu lintas dari biasanya hanya 3682 saja kemudian meningkat sebesar 42% ke angka 5219 kendaraan,” beber Hanung Minggu (1/11).

Dan untuk Minggu (1/11) malam, prediksi HK akan kembali ada peningkatan volume lalu lintas sampai angka 40%. “Perkiraan kami masih ada sekitar 4.000 kendaraan lagi sampai besok pagi (2/11). Tapi jumlah ini sudah termasuk angkutan barang yang melewati tol sumatera. Meskipun kendaraan masih didominasi kendaraan penumpang,” lanjutnya.

Baca Juga:   Pemprov Lampung Terima Penghargaan dari Kementerian PPPA

Sementara terkait peningkatan arus kendaraan keluar Lampung juga terjadi di ruas tol Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung (Terpeka), Branch Manajer PT HK Cabang Terpeka Yoni Satyo Wisniwardhono menyebut volume lalu lintas di Terpeka yang melintas keluar tol Kayuagung, Sumatera Selatan naik 29% dari volume lalin normal.

“Per sabtu lalu naik 29% dari volume lalin normal yang biasanya hanya 3.100 kendaraan. Dan menurut kami prediksi puncak arus balik masih akan terjadi sore ini, pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB,” lanjut Yoni.

Mengingat panjangnya ruas tol Bakter hingga ruas tol Terpeka yang mencapai 329 kilometer, Yoni menyarankan bagi para pemudik yang berasal dari pulau jawa dan hendak kembali ke Lampung atau Palembang dan daerah lain diharapkan sering berhenti di rest area yang telah disediakan. Hal ini terkait kondisi pengendara dan kendaraan.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Turun Langsung Salurkan Bantuan ke Warga

“Bagi para pengendara diharapkan untuk tetap menjaga kondisi kendaraan dan pengendara. Jika merasa mengantuk silahkan berhenti dan beristirahat di rest area terdekat. Kami juga sudah menyiapkan protokol kesehatan di setiap rest area yang telah dibuka,” tambahnya. (rma/sur)




  • Bagikan