Lelang Proyek DAK Lamtim Dipercepat

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berupaya mempercepat pelaksanaan program pembangunan. Antara lain, dengan percepatan proses pengadaan barang dan jasa (PBJ).

 Kepala Bagian PBJ Sekretariat Kabupaten Lampung Timur Suwandi menjelaskan, percepatan lelang PBJ itu agar tidak terjadi keterlambatan pelaksanaan program pembangunan seperti tahun sebelumnya. Hal itu terjadi akibat kegagalan proses lelang proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Karenanya, saat ini Pemkab sudah mulai melaksanakan pelelangan (tender) PBJ yang dianggarkan melalui DAK) tahun 2020. Menurutnya, sebagai tahal awal proyek DAK yang masih dalam tahap lelang sebanyak 24 paket dengan total anggaran Rp44 miliar. 

Dilanjutkan, proyek yanng dilelang itu terbagi dalam 3 organisasi perangkat daerah (OPD). Masing-masing, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pariwisata serta Dinas Pemukiman, Perumahan dan Pertanahan. “Proyek yang dilelang adalah pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, proses lelang PBJ masih menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Lampung. Itu sesuai rekomendasi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sebab, LPSE Lamtim masih mengalami kendala. 

Ditambahkan, melalui percepatan pelelangan itu diharapkan April 2020 mendatang proyek pembangunan yang bersumber dari DAK sudah bisa dilaksanakan. (wid/ang)




  • Bagikan