Lembaga Survei Pemantau Pemilu Wajib Daftar ke KPU

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesuji membuka pendaftaran lembaga pemantau dan lembaga survei, atau jejak pendapat untuk Pemilu tahun 2019. Pendaftaran paling lambat 17 Maret 2019 mendatang.

Ketua KPU Mesuji Ali Yasir menjelaskan, hal itu dilakukan dalam rangka mewujudkan asas keterbukaan dan membuka ruang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 yang demokratis. Karenanya, kata dia, perlu dibuka peluang bagi pemantau dan lembaga survei dalam Pemilu tahun 2019.


Menurutnya, setiap lembaga yang akan melalukan survei maupun perhitungan cepat harus terdaftar secara resmi di KPU dan memenuhi syarat sesuai Undang-undang. Salah satunya tidak berpihak dan menguntungkan atau merugikan peserta.

Lembaga survei dan perhitungan cepat yang tidak terdaftar di KPU dilarang mengumumkan hasil kerjanya kepada masyarakat. Sebab, hasil survei dan hitung cepat yang tidak kredibel, berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pemilu.

Baca Juga:   Bawaslu Pesbar Gelar Bimtek SIPS

Pendaftaran lembaga survei atau jajak pendapat dan perhitungan cepat bisa dilakukan setiap hari kerja di kantor KPU Mesuji. “Setelah melalui serangkai proses seleksi, KPU akan mengumumkan lembaga mana yang sah dan boleh mempublikasikan hasil kerjanya kepada masyarakat,” jelasnya.(muk/sur)




  • Bagikan