Lembaga Suvei Kuadran Pendaftar Pertama ke KPU Lampung

  • Bagikan
NANANG TRENGGONO

radarlampung.co.id – Sejauh ini, baru lembaga survei Kuadran yang mendaftarkan diri ke KPU Lampung untuk melakukan penghitungan cepat hasil Pemilu 2019. Hal ini diketahui dari salah satu staff KPU yang mencatat masuknya surat dari lembaga survei. “Sejauh ini baru Kuadran saja,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menjelaskan bahwa penghitungan cepat hasil pemilu dilakukan oleh lembaga yang telah terdaftar di KPU. “Jadi lebih baik mendaftarkan diri lebih dahulu, baru merilis hasilnya,” kata Nanang melalui ponselnya, Minggu (13/1).

Dia melanjutkan, pendaftaran lembaga survei akan ditutup 30 hari sebelum hari pencoblosan, tepatnya 17 April 2019. Selain itu, hasil survey lembaga tersebut juga wajib membeberkan sumber dana, metodologi yang digunakan, jumlah responden, tanggal pelaksanaan survei, cakupan pelaksanaan survei dan pernyataan bahwa hasil tersebut bukan merupakan hasil resmi penyelenggara pemilu.

“Hal itu agar mengurangi kecurigaan masyarakat, sehingga hasil survei benar-benar jelas. Hasilnya juga, bisa diumumkan dan disebarluaskan kalau itu bukan hasil penyelenggara,” ujar Nanang.

Terpisah, Anggota Bawaslu Provinsi Lampung mengingatkan, seluruh lembaga survei untuk melaporkan diri terlebih dahulu daripada mengeluarkan rilis Pemilu 2019. “Pemilihan umum tahun ini merupakan pemilihan nasional, maka pendaftaran lembaga survei selain di KPU Provinsi juga harus didaftarkan ke KPU RI,” ujar Herman.

Menurutnya, Bawaslu akan melakukan pengawasan kepada lembaga survei yang melakukan rilis Pemilu 2019. “Kami juga akan memantau siapa-siapa saja yang akan mengeluarkan rilis hasil survei, termasuk mengecek sudah mendaftarkan diri ke KPU atau belum dan apakah tergabung di dalam asosiasinya,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan