Lesung Milenium Tulangbawang Juara III TTG Nasional

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti mendampingi penerimaan penghargaan raihan peringkat III Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional XXII Tahun 2021 dari Mendes PDTT. Foto Diskominfo Tulangbawang
Bupati Tulangbawang Winarti mendampingi penerimaan penghargaan raihan peringkat III Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional XXII Tahun 2021 dari Mendes PDTT. Foto Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Pemkab Tulangbawang meraih peringkat ketiga gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional XXII Tahun 2021. Dalam gelaran ini, Pemkab Tulangbawang mengirim multi purpose processing machine lesung milenium atau alat pengolah serbaguna karya Nurhadi, warga Kampung Batanghari, Kecamatan Rawapitu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, di Balai Makarti Muktitama, Jakarta, Senin (20/9).


Multi purpose processing machine sendiri berguna sebagai alat penggiling gabah menjadi beras premium tanpa limbah sekam. Dimana sekam akan diubah menjadi dedak halus yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Mesin ini juga dapat digunakan sebagai penggiling beras menjadi tepung beras, pengupas sorgum, penggiling jagung menjadi tepung jagung, penggiling gaplek menjadi tepung gaplek dan lain sebagainya.

Baca Juga:   10 Kampung di Tuba Blankspot

Bupati Tulangbawang Winarti usia menerima penghargaan mengatakan, raihan ini sebagai bentuk apresiasi yang luar biasa dari Kemendes PDTT terhadap Tulangbawang.

“Kami berharap raihan ini bisa lebih memotivasi putra putri Tulangbawang agar terus berinovasi. Lesung milenium ini terbukti sangat bermanfaat untuk membantu petani. Simpel namun hasilnya bagus,” kata Winarti kepada Radarlampung.co.id, Senin (20/9).

Diketahui, multi purpose processing machine ini merupakan juara 1 lomba TTGU tingkat Provinsi Lampung pada 6 Juli 2021 lalu.

Mesin ini juga telah digunakan oleh para petani di tingkat Nasional. Mesin ini telah dipasarkan secara luas di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. (nal/sur)




  • Bagikan