Libur Natal 2020 Terminal Rajabasa Sepi

  • Bagikan
Suasana di Terminal Tipe A Rajabasa pada Hari Raya Natal 25 Desember 2020. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kendaraan dan penumpang angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 yang datang dan keluar Terminal Tipe A Rajabasa tampak sepi. Terpantau Jumat (25/12) siang, hanya segelintir bus Antar Kota Atar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang datang maupun keluar.

Begitu pula dengan kepadatan pedumpang, di mana saat tidak ada pandemi Covid-19 penumpang bisa menumpuk, namun kali ini tampak lengang. Terminal hanya diisi bus-bus AKDP yang tengah parkir

IPDA Hazairun Kepala Pos Pelayanan Terminal Rajabasa menuturkan, kondisi terminal Rajabasa di libur Natal 2020 ini tampak sepi, biasanya terjadi lonjakan di malam natal.

“Semalam malam natal tapi kondisi terminal sepi, hanya ada beberapa mobil, jam sembilan malam udah sepi. Dari 21 Desember di sini lonjakan belum ada,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, di Terminal Tipe A Rajabasa, Jumat (25/12).

Baca Juga:   Ini Jadwal Sidang Tuntutan Dua Terdakwa Korupsi PUPR Lamsel

Untuk suasana Kantibmas sendiri, menurutnya aman, belum ada laporan yang masuk ke Pos Pelayanan. “Alhamdulillah aman, di pos juga kita bersama tim kesehatan, Kodim, dan lainnya. Kita juga siapkan tempat istirahat,” tuturnya.

Menurutnya, siang ini kondisi terminal cukup ramai, namun didominasi kendaraan dan penumpang dalam provinsi. “Ya kayak ke Pringsewu, Kotabumi, Metro, dan lainnya. Kalau keluar provinsi sepi,” ucapnya.

Hazairun pun mengungkapkan pihaknya bersama tim kesehatan juga turun langsung memantau penerapan protokol kesehatan bagi penumpang, pedagang, dan kru bus.

“Ya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun penumpang memang jaga jarak. Tapi ya gak padat. Karena mereka ini kan ngetem-nya ada waktunya. Penumpang baru dua uda harus berangkat kalau sudah habis waktu,” tuturnya.

Baca Juga:   Ini Jadwal Sidang Tuntutan Dua Terdakwa Korupsi PUPR Lamsel

Sepinya penumpang tersebut diperkuat dengan data kedatangan dan keberangkatan bus maupun penumpang di Pos Kementerian Perhubungan Darat Terminal Tipe A Rajabasa. Data penumpang 24 Desember ini untuk AKAP kedatangan bus 14 unit dengan penumpang 352 penumpang.

Sementara keberangkatan 14 bus dengan penumpang 326 penumpang. Untuk bus AKDP kedatangan 76 bus dengan 591 penumpang. Keberangkatan 81 bus dengan 499 penumpang.

Sehingga total kedatangan bus 90 unit dengan penumpang 943 orang. Dan keberangkatan 95 bus dengan 825 penumpang.

Jumlah tersebut selisih jauh dengan tahun 2019 lalu. Di mana pada 24 Desember 2019 bus AKAP tercatat 44 unit dengan 1.320 penumpang. Sedangkan keberangkatan 48 bus dengan 1.445 penumpang.

Baca Juga:   Ini Jadwal Sidang Tuntutan Dua Terdakwa Korupsi PUPR Lamsel

Untuk bus AKDP, kedatangan 149 bus dengan 1.490 penumpang. Sedangkan keberangkatan 175 bus dengan 1.753 penumpang. Sehingga total kedatangan 193 bus dengan 2.810 penumpang. Serta keberangkatan 223 bus dengan 3.199 penumpang. (pip/sur)



  • Bagikan