Lifter Lampung Tambah Emas Kelima

  • Bagikan
Muhammad Setiawan Halim saat pengalungan medali. Foto Ist.
Muhammad Setiawan Halim saat pengalungan medali. Foto Ist.

Radarlampung.co.id – Lifter Lampung, Muhammad Setiawan Halim yang turun di kelas 61 kilogram (Kg) mempersembahkan emas yang kelima untuk Lampung. Total angkatan pria kelahiran Lampung Selatan, 22 April 2000 ini mencapai 284 Kg. Ia mengalahkan pesaingnya: Pardani dan Joni Susanto, lifter asal Sumatera barat dan Jawa Timur.

Dalam pertandingan yang digelar di auditorium Universitas Cendrawasih, Rabu (6/10) itu, selain mendapat medali emas, ia juga memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri, dari angkatan Snatch 122 Kg menjadi 126 Kg.


Dalam angkatan snatch ia mampu mengangkat 126 Kg di angkatan ketiga. Ia sebelumnya mengangkat barbel 122 Kg, namun diangkatan pertama ia gagal.

Baca Juga:   Gubernur Usulkan Gaji Atlet, Dewan: Setuju, Agar Tidak Pindak ke Daerah Lain

Halim kemudian mencoba di angkatan kedua dengan 123 Kg yang juga memecahkan rekor sebelumnya di 122 kg. Namun pada angkatan ketiga, Halim kembali mempertajam rekornya menjadi 126 Kg.

Sementara di angkatan clean and jerk, Halim mampu mengangkat 158 kg sehingga total angkatannya menjadi 284 Kg. Sedangkan dua rivalnya hanya mampu mengangkat barbel 154 Kg, sehingga mereka mengumpulkan angka total 276 dan 274 Kg.

Asisten Pelatih Misdan Yunip bersyukur dengan kemenangan ini. Ia mengatakan apabila Nurhalim memecahkan rekor angkatannya sendiri.

“Ya ini dia memecahkan rekornya sendiri di angkatan snatch dengan total angkatan 126 kg,” ujarnya.

Sedangkan di angkatan clean and jerk, angkatan Halim masih lebih rendah dibanding dengan angkatan terberat yang pernah ia capai.

Baca Juga:   Gubernur Usulkan Gaji Atlet, Dewan: Setuju, Agar Tidak Pindak ke Daerah Lain

“Rekor latihannya di clean and jerk dia pernah sampai 160 Kg,” sambungnya. Di hari berikutnya, akan tampil kembali dua lifter putri dan putra yang akan tampil besok.

Dengan emas kelima ini diprediksi Lampung akan memperkokoh posisi ke-9 klasemen sementara, dengan 5 medali emas dan 1 perak. (nca/sur)




  • Bagikan