Lima PPK di Pesawaran Selesaikan Pleno Penghitungan Suara

  • Bagikan
EDY SUTANTO
EDY SUTANTO

radarlampung.co.id – Dari 11 kecamatan di Pesawaran, baru lima yang menyelesaikan pleno penghitungan suara. Yakni Tegineneng, Padangcermin, Wayratai, Margapunduh dan Kecamatan Punduhpedada.

Komisioner KPU Edy Sutanto mengatakan, seluruh logistik dari lima kecamatan sudah terkumpul di gudang. Berdasar jadwal, tahapan pelaksanaan pleno tingkat kecamatan berlangsung hingga 4 Mei mendatang.

Kecamatan yang belum menyelesaikan pleno adalah Negerikaton, Kedondong, Waylima, Telukpandan, Waykhilau dan Gedongtataan.

”Untuk Negerikaton dan Kedondong, Insha Allah selesai hari ini. Kemudian Telukpandan dan Waykhilau, kurang dua desa. Tinggal Waylima dan Gedongatataan,” kata Edy mewakili Ketua KPU Pesawaran Amin Udin, Jumat (26/4).

Edy mengungkapkan, selain jumlah TPS yang cukup banyak, pleno berlangsung cukup alot lantaran ada selisih angka yang harus diperbaiki. ”Kalau kendala, umum. Seperti ada selisih angka yang harus diselesaikan. Kita harus membuka C1 planonya,” urainya.

Baca Juga:   Dua Hari Tambah 87 Kasus, Terbanyak Dari Kebuntebu dan Belalau

Dilanjutkan, setelah tingkat kecamatan rampung, tahap berikutnya pleno di tingkat kabupaten. Berdasar jadwal, seharusnya dimulai pada 20 April dan paling lambat 7 Mei. Artinya jika pleno di kecamatan selesai 4 Mei, berarti KPU hanya mempunyai waktu tiga hari untuk melaksanakan pleno.

“Kalaupun seandainya selesai di tingkat kecamatan 4 Mei, mudah-mudahan 3 hari sampai 7 Mei, rekap di kabupaten selesai. Karena kita hanya membacakan hasil pleno kecamatan. Setelah selesai, akan menghasilkan DB1 setiap pemilihan, dan hari itu juga langsung dikirimkan ke KPU provinsi,” paparnya. (ozi/ais)




  • Bagikan