Listrik PLN Tanpa Batas, Ekonomi Warga Pulau Sebesi Lampung Kian Hidup

  • Bagikan
Operator PLTD Pulau Sebesi sedang memeriksa beban pembangkit. Sumber foto PLN

RADARLAMPUNG.CO.ID-Gugusan pulau yang berada di perairan bagian selatan Provinsi Lampung menyimpan banyak potensi sebagai destinasi wisata. Namun, potensi keindahan sebuah pulau tidaklah cukup tanpa ketersediaan energi listrik. Tetapi tidak pada Pulau Sebesi, salah satu dari gugusan pulau tersebut yang kini sudah terpenuhinya kebutuhan listrik PLN yang beroperasi 24 jam.

Beroperasinya listrik PLN 24 jam secara terus menerus sudah berlangsung selama dua tahun. Tentunya hal itu berdampak positif terhadap perubahan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Banyak aktivitas warga dibidang ekonomi, pendidikan, pemerintahan dan sebagainya menjadi semakin mudah setelah hadirnya listrik yang beroperasi selama 24 jam di Pulau Sebesi.


“Sebelumnya, saat Pulau Sebesi belum tersedia listrik, kami semua pakai lampu minyak tanah. Kemudian Tahun 1997 listrik masuk, baru kami bisa menggunakan listrik, namun mesin hanya ada satu unit, jika ada perbaikan mesin, ya pasti kami gelap-gelapan,” ujar Mukhtar (69) selaku sesepuh warga di Pulau Sebesi.

Mukhtar menambahkan bahwa sejak 2019, pelayanan PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Sebesi semakin mengalami perubahan yang lebih baik. Dengan listrik PLN yang beroperasi selama 24 jam, kini masyarakat Pulau Sebesi sudah tidak lagi megalami kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya.

Baca Juga:   PT KTB-Lautan Berlian Siap Hadirkan Mitsubishi Fuso Berstandar Euro 4

“Sekarang masyarakat sudah merasa nyaman terutama untuk sarana-sarana pendidikan, pemerintahan, keagamaan, sosial, dan kegiatan ekonomi masyarakat, sudah tidak lagi merasa kesulitan terkait masalah penerangan. Terutama masyarakat yang ekonominya sudah mapan, bisa beli kulkas, beli setrika pakaian, jadi luar biasa manfaat listrik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Hal yang sama di rasakan oleh Tubagus Sulaiman, warga Pulau Sebesi. Agus panggilan akrabnya, bersama keluarganya mendiami Pulau Sebesi sejak tahun 1952. Dia merasakan banyak sekali perubahan yang terjadi di masyarakat Pulau Sebesi setelah tersedianya listrik PLN yang beroperasi selama 24 jam.

“Dari segi ekonomi masyarakat, kini sudah pasti meningkat. Terbukti, masyarakat yang tadinya belum punya TV, sekarang punya TV, yang dulunya belum punya kulkas, sekarang beli kulkas. Jadi ekonomi naik, ini didorong karena ada listrik PLN.

Sementara Arlizon, PJ Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi, mengatakan Potensi Pulau Sebesi memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 3100 jiwa atau sekitar 800 Kepala Keluarga dengan luas wilayah 2600 Hektare. Dia berharap kepada PT PLN (Persero) agar dapat lebih bersinergi dengan Pemerintahan Desa, demi kemajuan masyarakat di Pulau Sebesi terutama dibidang kelistrikan.

Baca Juga:   YBM PLN Salurkan Santunan ke Panti Asuhan

Listrik PLN, menurut Arlizon, mampu mendorong roda perekonomian masyarakat di Pulau Sebesi, misalnya masyarakat yang sebelumnya berdagang hanya siang hari, sekarang dapat berdagang hingga malam hari.

“Yang pasti sudah berubah kearah yang lebih baik, yang tadinya kulkasnya tidak standby dari pagi hingga malam, sekarang kan sudah terbantu dengan adanya listrik. Masyarakat yang berdagang es kecil-kecilan pakai kemasan plastik, sudah bisa membeku karena adanya listrik sampai 24 jam, kami sangat bersyukur sekali,”pungkas Arlizon.

Selain itu, Arlizon sebagai PJ Kepala Desa Tejang mengatakan bahwa bukan hanya sektor ekonomi, hadirnya listrik di Pulau Sebesi yang beroperasi terus menerus juga sangat membantu kegiatan administrasi Pemerintahan Desa, sehingga Dia bersama stafnya dapat melayani masyarakat Pulau Sebesi dengan cepat. (rls/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan