LLDIKTI Wilayah II Undang PLPP Kemendikbud untuk Diseminasi Beasiswa Program Doktor

  • Bagikan
FOTO ANGGI RHAISA : Rektor Unmal Dr.dr.Achmad Farich,MM berfoto bersama dengan Ketua PLPP Kemendikbudristek Dr.Abdul Kahar,M.Pd  bersama Kepala LLDIKTI Wilayah II , Prof.Yuliansyah,M.S.A.Ph.D,Akt.CA dan lainnya sebelum memulai Diseminasi Beasiswa Program Doktor 
Rektor Unmal Dr.dr.Achmad Farich,MM berfoto bersama dengan Ketua PLPP Kemendikbudristek Dr.Abdul Kahar,M.Pd  bersama Kepala LLDIKTI Wilayah II , Prof.Yuliansyah,M.S.A.Ph.D,Akt.CA dan lainnya sebelum memulai Diseminasi Beasiswa Program Doktor 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II  menunjuk Universitas Malahayati (Unmal) Lampung sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Diseminasi Beasiswa Program Doktor di Lingkungan LLDIKTI Wilayah II.

Program Diseminasi Beasiswa Doktor ini berlangsung di Graha Bintang Malahayati,Pada Jumat (14/1/2022) siang. Selain Dosen Unmal juga tampak hadir dari Dosen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai),Dosen IIB Darmajaya dan kampus kampus dalam naungan LLDikti Wilayah II.



Kepala LLDIKTI Wilayah II Palembang, Prof.Yuliansyah,M.S.A.Ph.D,Akt.CA menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk pendidikan seorang dosen. “Dikutip dari seorang teman bahwa Kunci seorang Profesor adalah starting adalah Doktor,”sebutnya.

Dengan banyak Dosen bergelar Doktor dikampus masing masing, lanjut Prof.Yuliansyah, maka akan meningkatkan PT Akreditasi baik program studi (prodi) maupun Universitas itu sendiri.

Berdasarkan hasil penelitian lapangan, Prof.Yuliansyah menilai ada beberapa faktor Dosen enggan melanjutkan studi Doktor (S3)diluar kota.

Diantaranya, Dosen merasa resah untuk lanjut Studi S3 diluar kota karena harus meninggalkan keluarga.

Lalu, Dosen sulit mendapatkan Beasiswa ketika mau melanjutkan S3. Kemudian, Kekhawatirkan Kehilangan Sertifikasi Dosen karena sedang melanjutkan Study S3 ke luar kota.

“Nah dengan menghadirkan Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
Dr.Abdul Kahar,M.Pd diharapkan dosen aktif bertanya mengenai beasiswa Doktor (S3)kepada beliau,”sebut Prof.Yuliansyah.

Ketua PLPP Kemendikbudristek Dr.Abdul Kahar,M.Pd menyebutkan beberapa strategi mendapatkan Beasiswa, diantaranya, untuk strategi secara umum, Ia menghimbau dosen untuk mencari beasiswa sesuai dengan kondisi atau kebutuhan anda, Pelajari informasi setiap sponsorship termasuk visi dan misi organisasinya.

Lalu, semua beasiswa kompetitif sifatnya untuk itu persiapkan diri dengan baik. Kemudian, cari mentor yang baik dan tepat untuk anda. Lalu, Masukan lamaran lebih awal.

“Karena banyak Dosen Indonesia yang mendaftar beasiswa di akhir akhir penutupan sehingga jelang akhir tutup gagap submit sehingga terjadi penyesalan terakhir hal tersebut,” Katanya.

Sementara, Khusus untuk strategi mendapatkan S2/S3 luar negeri yakni Lalu, Persiapan minimal 1 tahun (berlatih membuat CV dan Essay/Motivation letter dan pelajari budaya, alam, negara tujuan.

Kemudian, mencari prodi jangan hanya melihat nomenklaturnya saja tapi pelajari sampai kurikulum yang ditawarkan dan Profesor pengampuhnya. “Ini sangat penting untuk para Dosen ingin melanjutkan S3 luar negeri,” Ucapnya.

Lalu, mencari profesor yang sesuai dengan rencana riset anda,caranya banyak membaca karya dari Profesor yang diincar.

Dr.Abdul menyampaikan tahun 2021 karena hanya mendapatkan 60 persen kuota beasiswa sehingga selebihnya dialihkan ke program kampus merdeka.

“Untuk itu saya mengharapkan dosen dikampus LLDikti wilayah II termasuk Unmal memanfaatkan beasiswa S3 tahun 2022 ini. Sehingga sayang sekali kalau tidak dimanfaakan pak rektor,”ujar Dr.Abdul kahar menyampaikan kepada Rektor Universitas Malahayati (Unmal) Lampung, Dr.dr.Achmad Farich,MM untuk memotivasi para Dosen Unmal untuk lanjut S3.

Rektor Universitas Malahayati (Unmal) Lampung, Dr.dr.Achmad Farich,MM  menanggapi hal tersebut. Ia menyampaikan bahwa para dosen Unmal hadir dalam Diseminasi Beasiswa Program Doktor mendapatkan gambaran terkait peluang beasiswa S3 luar negeri.

“Hadir dalam graha bintang malahayati diikuti 50 persen dosen Unmal karena Unmal masa perkuliahan masih 50 persen sistem Luring maupun 50 persen daring,”tutupnya. (gie/yud)






  • Bagikan