Loekman Ditanya Penanganan Penyebaran Virus Corona

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam sesi tanya jawab debat publik calon Bupati Lampung Tengah, Nessy Kalvia Mustafa memberikan pertanyaan kepada Loekman Djoyosoemarto. Hal ini terkait upaya pencegahan dan mengatasi keresahan masyarakat terkait pandemi virus Corona.

“Dalam pandemi Covid-19 ini, sering terjadi keresahan di masyarakat jika ada warga yang telah diumumkan terpapar. Apa yang akan bapak lakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan bagaimana cara mengatasi keresahan masyarakat yang pernah kontak dengan pasien,” tanya Nessy.

Calon incumbent Loekman Djoyosoemarto menyatakan sudah banyak yang dilakukan dalam mengatasi penyebaran virus Corona. ”

“Terutama pencegahan. Ketika saya memimpin Maret-Juli 2020, tadinya hanya 34 orang yang terpapar. Setelah saya cuti, sampai hari ini sudah 214 orang yang terpapar Covid-19. Berarti pelaksanaan yang dilakukan pelaksana tugas kurang fokus terhadap penanganan,” kata Loekman.

Baca Juga:   Kabar Duka Dari Lambar, Dua Warga Terkonfirmasi Covid-19 Wafat

Bagi yang sudah terjangkit, kata Loekman, selalu dijemput untuk dirawat di RSUD Demang Sepulau Raya.

“Kemudian di sekitar tempat tinggal yang bersangkutan atau pernah berinteraksi dilakukan tracing. Itulah upaya-upaya kita. Justru sekarang ini, saya sangat khawatir peningkatan Covid-19 semakin melonjak. Beberapa waktu lalu, saya diisukan terpapar. Memang perlu peralatan yang lebih canggih di Lampung ini,” ungkapnya.

Menanggapi jawaban ini, Nessy menyatakan, untuk pencegahan Covid-19 perlu ditambah fasilitas pendukung.

“Lebih baik lagi ditambah fasilitas pendukung untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Tempat cuci tangan di area pasar juga harus dikontrol. Jangan terbengkalai. Seperti di area Pasar Bandarjaya. Kerannya patah dan airnya tak terisi, sehingga tak terpakai masyarakat. Kemudian penyediaan masker gratis di pasar dan rumah ibadah,” paparnya. (sya/ais)



  • Bagikan