Lomba dan Parade Budaya akan Meriahkan Festival Teluk Stabas ke-5 Kabupaten Pesbar

Festival Teluk Stabas ke5 Kabupaten Pesbar. Foto Istimewa
Festival Teluk Stabas ke5 Kabupaten Pesbar. Foto Istimewa

radarlampung.co.id – Ribuan warga tumpah ruah mengikuti parade budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk dalam perayaan Festival Teluk Stabas V Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar). Dalam perayaan itu para ibu-ibu yang mengikuti parade tersebut dikhususkan memakai pakaian kebaya dan sinjang (sarung) tapis dipadu dengan selendang lalu penutup kepala.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Audi Marpi mengatakan, kemeriahan ini nanti bisa disaksikan dalam rangkaian awal Festival Teluk Stabas V, Senin (16/4). Dengan diisi berbagai lomba budaya hingga berlangsung sampai Senin (23/4). “Pembukaan Festival Teluk Stabas akan dibuka pada malam ini. Untuk diketahui festival ini merupakan agenda tahunan Kabupaten Pesbar,” ujarnya, Senin (16/4).

BACA  Pelaku Pecah Kaca Beraksi di Lambar, Dua Laptop Raib

Dan nantinya, dalam festival tersebut akan ada sejumlah lomba yang turut memeriahkan gelaran ini. Diantaranya lomba menyulam tapis, tari adat Lampung, tari kreasi Lampung, ngukokh kelapa, ngunduh damar, burung berkicau, mawalan dan lomba nyelimpokh gelamay. Dimana, seluruh perlombaan akan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Labuhan Jukung, Krui, Pesbar.

“Kami ingin event  ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyaksikan, sekaligus sebagai sarana memelihara tradisi dan budaya masyarakat Pesisir Barat. Untuk itu kami berharap para seluruh warga, khususnya para penggiat pariwisata untuk turut berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan yang merupakan salah satu dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesisir Barat ke-5 ini ” kata Audi.

BACA  Serap Aspirasi UKM Cakat Raya, Winarti Janji Bantu Promosi dan Percantik Kemasan

Menurutnya, Kabupaten Pesbar merupakan daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara. Dengan daya tarik utamanya adalah wisata alam, khususnya bahari. “Karena itulah kami menyajikan sebuah festival budaya agar wisatawan tidak hanya mengenal keindahan alam Pesisir Barat saja, tapi juga kearifan lokal yang dimiliki masyarakatnya,” jelasnya.

BACA  Baru 8 Parpol yang Daftar Bacaleg ke KPU Lamtim

Wisatawan mancanegara misalnya, tidak hanya berselancar ombak saja, tetapi bisa menyaksikan keindahan budaya lokal. Sehingga ke depan, potensi wisata budaya juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.  Apalagi menurutnya, salah satu misi Bupati Pesisir Barat adalah mewujudkan Kabupaten Pesisir Barat sebagai daerah tujuan wisata yang berpijak pada kearifan lokal.

“Festival Teluk Stabas layak dimasukkan dalam agenda kunjungan para wisatawan, sekaligus menikmati berbagai destinasi wisata seperti Pantai Labuhan Jukung, Pantai Tanjung Setia, dan Pulau Pisang. Ayo ke Krui,” pungkasnya. (try/ang)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here