Lomba Tahfidz Latih Generasi Muda untuk Cinta Alquran

  • Bagikan

Lomba Tahfidz Latih Generasi Muda untuk Cinta Alquran

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kampung Ramadhan Radar Lampung, melaksanakan lomba Tahfidz Alquran. Hari ketiga ini (28/4), diikuti sekitar 9 peserta.

Erlina, orang tua dari Rahma yang merupakan Peserta Lomba Tahfidz Radar Lampung menjelaskan, putrinya merupakan siswa kelas 2 SD Tahfizh Plus Khoiru Ummah Bandarlampung. Hapalan alquran ini memang tak asing baginya. Sebab, disekolah, anaknya aktif memiliki target menghafal alqur’an dan juga mengadakan perlombaan.

“Mereka juga aktif membaca Muroja’ah Tahfidzul Qur’an, adanya perlombaan Tahfidz Radar Lampung ini, dapat memotivasi anak anak untuk mengulang hafalan al qur’an. Lebih tepatnya berlatih Muroja’ah Tahfidzul Quran,” ungkapnya.

Terpisah, Juri Tahfidz, Ustadzah Yeni Farida Masyaroh.S.Pd (Alhafidzah) didampingi Sin Musri’ah (Alhafidzah) menyampaikan, Lomba Tahfidz Al Qur’an Kampung Ramadhan Radar Lampung sudah berlangsung selama 3 hari yakni sejak Senin (26/4) hingga rabu (28/4). Dimana, tiga hari ini masih tahap penyeleksian. Setiap hari ada 8-10 peserta mengikuti lomba Tahfidz.

“Untuk hari pertama (26/4), ada 10 peserta ikut dan situasi lomba banyak peserta kelihatan grogi. Mungkin hari pertama kali ya ikut lomba,”jelasnya.

Berbeda dengan hari kedua yakni selasa (27/4), diikuti 8 peserta  yang fasih dalam membaca Al-Qur’an. “Kami berharap untuk peserta hari ketiga (28/4) yang diikuti 9 orang ini dapat mengikuti dengan lancar dalam membaca Tahfidz,” harapnya.

Sementara, Ustadzah Umi menyampaikan, bahwa peraturan perlombaan masih sama yakni peserta mengambil amplop yang berisikan nama surat yang akan mereka bacakan.

“Jadi satu anak mendapatkan satu amplop. Apa yang didapatkan didalam amplop itulah yang dibaca. Nah kalau peserta tidak dapat membacanya artinya mereka berpotensi tidak dapat mengikuti ke malam grandfinal,” ucapnya.

Lebih rinci, Ustadzah Yeni menyampaikan, pada dasarnya lomba Tahfidz ini untuk melatih generasi muda untuk cinta pada Alquran. “Kami berharap semua peserta Tahfidz ini untuk mengasah kemampuan menghafal alqur’an, cinta pada Alquran serta dapat mengamalkan makna tersirat dalam surat alqur’an,”tutupnya. (gie/yud)




  • Bagikan