Luar Biasa! Lab Teknik Sipil UBL Masuk Elite Grup Lab Terakreditasi KAN


Radarlampung.co.id – Kabar membanggakan kembali datang dari Universitas Bandar Lampung (UBL) yakni pada Laboratorium Pengujian Teknik Sipil (LPTS).

Ya, Universitas swasta di Lampung ini mendapat Sertifikat Akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor LP-1449-IDN pada tanggal 30 Desember 2020.





Kepala LPTS-UBL, Ronny Hasudungan Purba mengatakan, Sertifikasi ini adalah sertifikasi kedua yang didapatkan oleh LPTS-UBL. Sebelumnya, laboratorium ini tersertifikasi dengan standar 2008 dan terbaru yakni tersertifikasi ISO/IEC 17025:2017.

“Sertifikasi yang sekarang ini melalui 15 jenis pengujian. Perolehan akreditasi ini memerlukan waktu dan proses yang cukup panjang, dikarenakan LPTS UBL memperluas ruang lingkup pengujian yang tadinya hanya 5 jenis pengujian, meningkat 3 kali lipat menjadi 15 jenis pengujian,” ungkap Ronny, Senin (25/1).

Dia menjelaskan, Proses sertifikasi ini dilakukan selama satu setengah tahun bersama dengan berbagai pihak yang sudah terlibat. Sehingga, membuahkan hasil yang baik. “Keterlibatan semua pihak sangat berarti, dan bersyukur sekali kabar gembira ini sebagai hadiah di tahun baru 2021 bagi LPTS-UBL,” ucap Ronny saat memberikan keterangan secara daring, Senin (25/1).

Menurutnya, Dengan diterimanya sertifikat akreditasi ini, LPTS-UBL jadi bagian elite group lab yang terakreditasi oleh KAN. Ada 32 Lab Pengujian Sipil seluruh Indonesia dan hanya 4 yang berbasis universitas salah satunya LPTS-UBL. “Kami siap melayani permintaan kebutuhan berbagai pengujian,” ucapnya. (gie/rls/yud)