Lulus SNMPTN Tak Bisa Daftar SBMPTN

  • Bagikan
Humas PMB Universitas Lampung, M. Komarudin.

radarlampung.co.id – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini akan dimulai serentak. Bagi siswa yang lulus SNMPTN, tidak bisa mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hal tersebut diungkapkan Humas PMB Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin kepada radarlampung.co.id, Minggu (6/1). “Siswa yang telah lulus SNMPTN tidak bisa lagi mengikuti SBMPTN, secara otomatis. Kalau dulu masih bisa, mengikuti SBMPTN dengan melepas SNMPTN-nya,” jelasnya.

Menurutnya, kebijakan ini diambil berkaca dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Di mana siswa yang telah diterima di SNMPTN, merasa pilihannya tidak cocok akhirnya mendaftar SBMPTN. “Pada akhirnya, banyak kursi-kursi kosong hasil seleksi SNMPTN, kan sayang sekali,” imbuhnya.

Baca Juga:   Belasan Rumah di Panjang Dihantam Angin Puting, Tak Ada Korban Jiwa

Untuk pilihan program studi, lanjut Komarudin, setiap peserta diperbolehkan memilih dua program studi dari satu PTN, atau masing-masing 1 prodi dari 2 PTN. “Disarankan tidak boleh lintas minat, tergantung ketentuan PTN yang dituju,” tandasnya.

Adapun persyaratan peserta SNMPTN yakni, MA/SMK/SMA/ kelas terakhir pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul dan akademik, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.

Selanjutnya, peserta memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selain itu, bagi peserta yang memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Waktu pengisian dan verifikasi PDSS mulai 4-25 Januari mendatang, melalui laman https://pdss.snmptn.ac.id/. Pengisian PDSS tersebut berdasarkan dari perolehan nilai rapor siswa dari semester 1-5. (apr/kyd)




  • Bagikan