MA ke Oknum Hakim Y: Kalau Tidak Bisa Dibina, akan Dibinasakan!

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Masa pemeriksaan Badan Pengawas (Bawas) Mahkamah Agung (MA) RI terhadap oknum hakim berinisial Y kini telah usai. Namun, sampai saat ini MA belum bisa memberikan sanksi terhadap oknum hakim yang berdinas di Pengadilan Negeri (PN) Menggala tersebut.

Humas MA RI Abdullah mengatakan, saat ini tim Bawas MA belum memberikan hasil pemeriksaan terhadap oknum hakim Y kepada dirinya. Lalu ketika ditanya kemungkinan sanksi yang akan diberikan, pihaknya juga belum dapat memberikan keterangan secara gamblang atas perkara tersebut.

“Sanksinya jelas pasti ada, tapi kita belum bisa berandai-andai. Apalagi kita juga harus mengedepankan asas praduga tak bersalah. Tapi yang jelas jika ada hakim yang tidak bisa dibina, ya dibinasakan,” tegasnya kepada radarlampung.co.id, Rabu (23/1) sore.

Baca Juga:   Lamteng Berduka, Asisten I Meninggal karena Covid-19

Disinggung batas waktu yang sebelumnya dinyatakan bahwa tim Bawas MA akan melakukan pemeriksaan terhadap oknum hakim Y selama lima hari, menurutnya dalam sebuah pemeriksaan tidak memiliki batas waktu tertentu.

“Kalau itu namanya bukan batas waktu. Jadi kalau dalam proses pemeriksaan itu, jika memang masih diperlukan waktu untuk melakukan pemeriksaan terhadap yang lain-lain, tentunya langkah itu akan diambil,” timpalnya.

Sebelumnya oknum hakim inisial Y tersebut dikabarkan memberikan surat keterangan sakit terhadap Pengadilan Tinggi (PT) Lampung dan tidak menjalani pemeriksaan. (ang/sur)




  • Bagikan