Maaf, Blangko E-KTP Disdukcapil Tanggamus Habis

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Stok blangko KTP elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus habis sejak awal Oktober. Jatah sebanyak 500 keping habis dalam empat hari.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, hingga saat ini blangko e-KTP kosong. ”Sekarang sudah tidak ada lagi blangko. Mungkin adanya nanti sekitar 26 Oktober. Itupun menurut jadwal pusat,” kata Syarif, Jumat (25/10).

Ia mengaku, Kementerian Dalam Negeri sudah membatasi jatah blangko KTP dengan ketat. Saat ini disdukcapil kabupaten/kota hanya diberi satu kali jatah blangko dalam satu bulan.

Jumlahnya pun tidak banyak. Hanya 500 keping. Tidak sebanding dengan masa pemberian jatah. Karena itu, Disdukcapil Tanggamus tiap pekan ke Jakarta untuk mengambil jatah blangko.

Baca Juga:   Kejari Lamsel Cek RSUD Bob Bazar, Tiga Obat Covid-19 Langka

”Tapi sekarang sudah dilarang. Tidak boleh tiap pekan lagi. Satu bulan sekali. Jadi kami sekarang hanya bisa menerbitkan surat keterangan (suket) kependudukan. Nanti kalau ada lagi blangko-nya, baru dicetakkan,” sebut dia.

Karena itu Syarif mengimbau masyarakat agar memahami kondisi saat ini dan tidak menyalahkan Disdukcapil. ”Jika ada blangko, pasti akan dicetak. Itu hak masyarakat,” tegasnya. (ral/ehl/ais)




  • Bagikan