Mahasiswa Kolaborasi Kembangkan Produk Sabun UMKM

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UINRIL) dan Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pesawaran memproduksi sabun pembersih tangan yang siap bersaing di pasar lokal.

Salah satu koordinator kelompok mahasiswa KKN yang tergabung di Fakultas Pendidikan Biologi Universitas Lampung Nur Azela mengatakan, kolaborasi serta keahlian dari mahasiswa yang ada di seluruh desa di Pesawaran diharapkan bisa mengembangkan potensi lokal setiap desa. Harapannya bisa memajukan UMKM di desa.


“Kolaborasi serta keahlian yang ada pada mahasiswa diharapkan membantu mengembangkan apa yang bisa diperoleh dari desa. Kemudian menjadi potensi untuk memajukan UMKM di seluruh Pesawaran. Khususnya Desa Padangmanis, seperti yang telah kami lakukan. Yaitu memproduksi produk lokal sabun tangan kemasan,” kata Nur Azela di Balai Desa Padangmanis, Senin (10/8).

Baca Juga:   Saply Bangkitkan Ekonomi dari Sektor UMKM

Menurut Nur Azela, pemilihan produk sabun tangan kemasan karena melihat kebutuhan masyarakat sekarang dalam menjaga kebersihan dan produk lokal sabun tangan kemasan yang diproduksi aman untuk digunakan.

Ini telah melalui uji coba dari dosen ahli yang sebelumnya sudah dipraktekkan di Desa Gunungrejo, Kecamatan Waylima.

Sementara Kepala Desa Padangmanis Hendri Kurniawan mengatakan, pemerintah desa akan meneliti dan mempelajari produk sabun tangan kemasan tersebut.

Untuk pemasarannya akan berkerja sama dengan anggota TP PKK Desa Padangmanis dan Kelompok Wanita Tani (KWT). (egy/ozi/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan