Sebanyak 34 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program MISB Kemendikbudristek


Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program MISB Kemendikbudristek
Sebanyak 34 Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Lolos Program MISB Kemendikbudristek. Sumber foto Universitas Teknokrat Indonesia

RADARLAMPUNG.CO.ID – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendapat respons positif dari mahasiswa dan pelaku industri, baik perusahaan maupun organisasi.

Tercatat, lebih dari 13.000 mahasiswa dari 1.300 perguruan tinggi mengikuti program MSIB tahap pertama. Pada tahap pertama ini, 110 mitra magang dan 33 mitra MSIB yang mencakup total 1.898 proyek yang dijalankan memperoleh pendampingan dari kurang lebih 3.000 mentor profesional yang berdedikasi.





Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, pada pelaksanaan MSIB tahap II, ada 12.209 mahasiswa aktif berkegiatan di perusahaan. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 104.370 mahasiswa yang mendaftar. Kemudian sebanyak 121 mitra lolos dengan rancangan program magang dan studi independen berkualitas tinggi dari 400 lebih perusahaan yang mengumpulkan proposal.

Mendikbudristek mengatakan, program MSIB ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perguruan tinggi maupun bagi perusahaan atau organisasi yang tergabung menjadi mitra dalam program MSIB.

“Ini adalah win-win solution untuk melahirkan talenta terbaik. Saat ini kita memasuki suatu periode yang begitu dramatis sebenarnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia semua perusahaan Indonesia bisa menjadi mini universitas selama enam bulan dengan full akreditasi 20 SKS dan juga bantuan anggaran dari pemerintah,” ujar Menteri Nadiem pada acara sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) secara daring, Rabu (24/11).

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kembali masuk dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun ini. Sebanyak 34 mahasiswa dinyatakan lolos rogram MSIB.

Mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia yang diterima dalam program tersebut dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia dari program studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Teknologi Informasi, S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Komputer dan S1 Teknik Elektro. Program Magang tersebut ke 14 perusahaan global dan start-up di Tanah Air.

Dari 34 mahasiswa FTIK Universitas Teknokrat Indonesia, salah satunya mahasiswa yang lolos program MSIB tersebut yakni Rexy Fahrezi dengan IPK 3,83. Rexy mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Teknokrat Indonesia. Rexy menyampaikan sangat bangga karena lolos program MSIB dan dapat merasakan magang program Kemendikbudristek.

Rexy ditempatkan magang di Balitbang SDM Kementerian Kominfo Jakarta, mulai magang pada tanggal 11 Februari 2022 sd 11 Juli 2022 dengan nama kegiatan Talent Scouting Academy – The Future of IT Infrastructure and Cybersecurity, Analyst: Cybersecurity Analyst.

Wakil Rektor UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. mengapresiasi pencapaian mahasiswa tersebut. Mahathir berharap semua mahasiswa UTI yang dinyatakan lolos MSIB ini dapat beradaptasi dengan baik dan cepat di lingkungan perusahaan tempat magangnya.

“Ini sebuah kabar yang baik dan menggembirakan bagi sivitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia. Program MSIB ini merupakan langkah awal mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya,” ujarnya. (rls/wdi)