15 Makanan Khas Lampung yang Patut Anda Coba, Pasti Ketagihan


Pindang baung juga merupakan makan khas daerah Lampung. Foto dari berbagai sumber

RADARLAMPUNG.CO.ID – Selain terkenal dengan wisatanya, Provinsi Lampung juga punya kuliner-kuliner yang enak loh. Oleh karenanya Provinsi Lampung banyak didatangi oleh para wisatawan dari berbagai daerah lainnya. Tak hanya itu, makanan khas Lampung ini pun sangat cocok sekali di lidah para penggemar makanan. Berkunjung ke Lampung tetapi enggak mencoba kulinernya pasti nyesal banget deh. Nah dirangkum dari radarlampung.co.id, berikut beberapa jenis kuliner Lampung yang sering dicicipi dan diburu oleh wisatawan.

1. Kue Lapis Legit

kue lapis legit lampung





Nah salah satu kuliner yang patut dicicipi ketika datang ke Lampung yakni Kue Lapis Legit. Kenapa begitu? Karena kue ini salah satu makanan khas Lampung, dimana pada saat hari raya kue ini pun wajib dihidangkan di meja. Untuk diketahui bahwa Kue Lapis Legit ini merupakan kue warisan zaman kolonial dahulu. Sehingga saat ini kue ini pun masih digemari oleh masyarakat Lampung.

Kue Lapis Legit sendiri bisa disebut dengan spekkoek. Dengan memiliki ciri khas utama dengan bumbunya yang sangat harum. Jika dilihat, Kue Lapis Legit ini bentuknya seperti memiliki bentuk sangat mewah. Nah biasanya pembuatan satu loyang Kue Lapis Legit ini membutuhkan 300 gram mentega, 100 gram tepung juga 30 butir telur.

2. Sambal Asam Kembang

sambal asam kembang

Sambal asam kembang ini bisa disebut juga sebagai makanan khas Lampung. Dengan memiliki yang sangat lezat juga nikmat. Apabila mendengar namanya pasti kalian mengira sambal ini terbuat dari bahan utamanya asam.

Juga perlu diketahui apabila di dalam proses pembuatannya, sambal asam kembang ini sama sekali tidak menggunakan asam. Malah terbuat dari terasi yang dicampur dengan buah kemang, yakni buah manga muda.

3. Pempek Lampung

pempek lampung 123

Nah pempek juga enggak hanya ada di Palembang loh. Di Lampung pun ada tepatnya pempek di Kota Bandar Lampung, yang juga tak kalah enaknya bisa disantap oleh keluarga. Jadi pempek Lampung ini pun bisa anda jadi alternative oleh-oleh untuk anda bawa pulang. Karena pempek khas Lampung pun rasa nya enggak kalah dengan pempek Lampung.

Salah satu pempek yang enak di lampung adalah Pempek 123. Terletak di jalan Ikan Belanak nomor 15 Teluk Betung, Bandar Lampung. Aneka macam jenis pempek seperti lenjer, kapal selam, adaan, kulit, pempek aneka isi dan pempek lenggang bisa kamu dapatkan di sini. Pempek lenggang merupakan omelet telur yang diberi potongan kecil pempek ikan.

Untuk itu apabila anda ke Lampung jangan lupa untuk membeli pempek khas Lampung ya.