Makna Sumpah Pemuda Bagi Ketua MKKS SMA Metro

  • Bagikan
Kegiatan lomba baris berbaris yang diikuti SMA/K se Kota Metro dalam rangka memperingati sumpah pemuda. Foto ist

radarlampung.co.id – Hari Sumpah pemuda adalah peringatan momentum sejarah perjuangan pemuda Indonesia untuk meraih sebuah kemerdekaan dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.

Di jelaskan Suparni Ketua MKKS SMA Kota Metro, Sumpah sakral yang diucapkan tersebut mampu membakar semangat pemuda-pemudi Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka.

“Satu nilai yang sangat berharga yang dapat kita ambil adalah Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini adalah Bersatu Kita Maju,”ujarnya, Minggu (27/10).

Tema tersebut menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan Sumpah Pemuda tahun 1928 lalu. Ditengah-tengah terjadinya krisis dan rapuhnya nila-nilaii persatuan dan kesatuan yang mengancam terjadinya disintegrasi bangsa,  sehingga semua pihak berkewajiban untuk mengembalikan semangat nasionalisme para pemuda.

Baca Juga:   419 Mahasiswa UAP Ikut Yudisium Tahap II

“Semangat bersatu untuk maju harus kita tumbuh kembangkan terutama melalui berbagai kegiatan dalam dunia pendidikan, kegiatan kepemudaan, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan,”ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, semua pihak memiliki tugas untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki karakter yang tangguh. Yakni pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,”terangnya.

Salah satu upaya  yang harus dilakukan untuk mempersiapkan generasi muda dengan karakter diatas, maka dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini MKKS SMA Kota Metro mengikutsertakan peserta didik dari SMA yang ada di Kota Metro untuk mengikuti berbagai kegiatan lomba. Salah satu lomba yang diikuti adalah Lomba Baris Berbaris yang diselengarakan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Metro untuk memperebutkan Piala Wali Kota Metro.

Baca Juga:   UTI Kirim 60 Mahasiswa Ikut Program Kampus Mengajar

“Disisi yang lain kegiatan untuk anak-anak muda (Siswa-Siswi SMA/ SMK)  semacam ini  merupakan kegiatan yang efektif untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang bersifat destruktif mulai dari tawuran, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme,”jelasnya. (pip/wdi)




  • Bagikan