Malam Lebaran, Kawanan Gajah “Bertamu” ke Suoh

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kawanan gajah mendekati pemukiman di Blok I Dusun Karangsari, Pekon Sumberagung, Kecamatan Suoh, Lampung Barat, Senin malam (19/7).

Camat Suoh Mandala Harto mengungkapkan, berdasar pantauan melalui GPS Collar, kawanan gajah yang berjumlah 12 ekor ini sempat berada sekitar 150 meter dari permukiman. Tepatnya di perbatasan dengan Pekon Tuguratu.

”Kawanan gajah tersebut memiliki habitat asli di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan sering menjadi teror bagi masyarakat. Tetapi khusus untuk Blok I, ini baru. Terakhir (kawanan gajah datang) pasca gempa puluhan tahun silam,” kata Mandala.

Mendapat laporan keberadaan gajah di Pekon Sumberagung, ia bersama petugas dari TNBBS Resort Suoh, TNI, Polri, aparat Pekon Sumberagung dan masyarakat melakukan ronda.

Baca Juga:   Sepakat, Akses Menuju Ponpes Daarul Ulum Dibuka, Ini Syaratnya

Berjaga-jaga agar kawanan gajah tersebut tidak sampai masuk ke permukiman dan menjauh. Kembali ke habitat aslinya.

”Sempat hanya berjarak sekitar 150 meter dari permukiman. Alhamdulillah, masyarakat dan petugas kompak melakukan ronda sehingga kawanan gajah tersebut bisa menjauh. Namun masih memungkinkan untuk kembali lagi. Karena itu kami ajak masyarakat untuk tetap waspada dan mengaktifkan ronda,” tegasnya.




  • Bagikan